Makalah

NO.
JUDUL DAN ABSTRAK
PENULIS
TAHUN
UNDUH
1

ONLINE RECRUITMENT SYSTEM FOR GODREJ INDONESIA

Abstrak

As the number of job seekers in Indonesia increases gradually, Godrej Indonesia receives thousand applicants every year. It is not easy to process thousands of applicants by using the manual hiring process. It would take a lot of time, cost, and human resources to screen and interview the candidates. This paper intends to facilitate the recruitment for Godrej Indonesia. This application will help the recruitment team of Godrej Indonesia to easily screen, process, manage, and keep track of the applicants. Therefore, it will make a better and efficient recruitment in Godrej Indonesia. 

Faradilla E. Synta, Rikip Ginanjar, Rosalina, Ronny Juwono , Nur Hadisukmana, RB Wahyu 2017
2

SISTEM INFORMASI KENDALI SERTIPIKAT DAN PENOMORAN AKTA PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) BERBASIS WEB PADA KANTOR NOTARIS DAN PPAT BAIGAS, SH, SPN

Abstrak

Profesi Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), merupakan profesi yang bergerak dalam bidang jasa resmi berdasarkan surat keputusan Menteri Negara Agraria. Seperti halnya pada bidang lain, bidang PPAT pun sangat membutuhkan sistem informasi yang dapat membantu kinerja instansi tersebut. Sistem pengelolaan sertipikat dan penomoran akta PPAT masih secara manual, mengakibatkan tidak tepatnya waktu pengambilan nomor akta dan perlu waktu yang lama untuk mencari informasi mengenai proses sertipikat. Sehingga penyampaian informasi mengenai proses sertipikat kepada klien menjadi kurang maksimal. Dengan adanya sebuah Sistem Informasi Kendali Sertipikat dan Penomoran Akta Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Berbasis Web, diharapkan mempermudah manajemen Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Baigas, SH, SpN karena pengguna hanya perlu memilih menu-menu yang disediakan sehingga manajemen akan terarah sesuai standar operasional prosedur. Pada proses pembuatannya disajikan melalui bentuk rancangan interface yang user friendly. 

Rachma Octari, Rikip Ginanjar, Rosalina, Tjong Wan Sen, Budi Sulistyo, Rusdianto Roestam 2017
3

iDU (iLEARNING EDUCATION) SEBAGAI MEDIA PELAKSANAAN TOEFL BERBASIS IBT (INTERNET BASED TEST) PADA PERGURUAN TINGGI

Abstrak

The use of computer technology has become a necessity, as many jobs can be completed quickly, accurately. Information science and technology requires mastery of English, then English needs to be improved to compensate for education related to computer science. The use of TOEFL is implemented in the RCEP (Raharja Certified English Proficiency) section and in its implementation is not yet computerized. Therefore, in making the implementation of TOEFL-based Daring (In Network) which consists of listening comprehension, structure and writen expression, Reading and vocabulary using iLearning media. This study uses the iBT (internet based test) approach which is expected to provide ease in running the TOEFL test at Perguruan Tinggi Raharja 

Po Abas Sunarya, Hani Dewi Ariessanti, Muhamad Yusup 2017
4

DETERMINAN PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEBERMANFAATAN, PERSEPSI RISIKO DAN KEPUASAN WAJIB PAJAK TERHADAP PENGUNAAN SISTEM E-FILLING (SURVEI PADA KPP PRATAMA JAYAPURA)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Determinan Persepsi Kemudahan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko dan kepuasan Wajib Pajak Terhadap Pengunaan Sistem E-Filling. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin populasi yang digunakan yaitu sebanyak 2.780 wajib pajak yang terdaftar menggunakan sistem e-filing.sehingga sampel yang telah dipersempit menggunakan rumus slovin syaitu sebanyak 97 Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan metode penelitian yang digunakan yaitu Regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi risiko dan kepuasan wajib pajak berpengaruh secara parsial terhadap Penggunaan sistem e- filing, sedangkan persepsi kebermanfaatan tidak berpengaruh secara parsial terhadap Penggunaan sistem e-filing. Sedangkan Determinan persepsi kemudahan,persepsi kebermanfaatan,persepsi risiko dan kepuasan wajib pajak secara simultan berpengaruh terhadap penggunaan sistem e-filing. 

Muhamad Yamin Noch, Victor Pattiasina 2017
5

EVALUASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING

Abstrak

Pemanfaatan teknologi informasi sebagai pendukung pencapaian tujuan dan sasaran organisasi harus diimbangi dengan keefektifan dan efisiensi dalam pengelolaannya, sehingga dapat menigkatkan keunggulan bersaing dalam suatu organisasi. Banyak perguruan tinggi telah memanfaatkan dan bergantung pada teknologi informasi dalam mendukung kegiatan-kegiatannya, tanpa terkecuali perguruan tinggi STIKOM Artha Buana Kupang. Walaupun demikian, STIKOM Artha Buana Kupang belum memanfaatkan secara optimal teknologi informasi dalam institusinya. Tujuan dari pemanfaatan teknologi informasi pada STIKOM Artha Buana Kupang adalah sebagai salah satu strategi pendorong kemajuan atau pertumbuhan (growth driver). Sehingga strategi yang digunakan harus benar-benar meresap ke dalam setiap aspek penyelenggaraan organisasi guna meningkatkan keunggulan bersaing. Oleh karena itu, perlu dilakukannya evaluasi pemanfaatan teknologi informasi pada STIKOM Artha Buana Kupang dengan menggunakan framework COBIT 5. Hal ini nantinya bisa mendukung kinerja organisasi secara kontinyu, agar apa yang dilakukan pada pengembangan teknologi informasi dapat terus berkesinambungan dan mempunyai arahan yang jelas serta sesuai dengan rencana strategis dari STIKOM Artha Buana Kupang. 

Jusmawati, Bambang Soedijono, Emha Taufiq 2017
6

IDENTIFIKASI TANDA TANGAN DENGAN KOHONEN SOM BERBASIS PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS

Abstrak

Identifikasi pola tanda tangan adalah salah satu teknik yang digunakan sebagai bukti otentikasi yang sah terhadap kepemilikian berdasarkan tanda tangan, untuk identifikasi pola, metode Principal Component Analysis (PCA) merupakan salah satu metode klasifikasi yang terbukti akurat, namun memiliki kelemahan tidak optimal untuk membedakan satu kelas yang lain. Penerapan kernel pada PCA (KPCA) diusulkan sebagai non-linier perluasan dari PCA untuk pengenalan pola yang dapat secara efektif mengekstrak fitur non-linier dengan menghitung komponen utama di ruang non-linier. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hasil perbandingan akurasi dan waktu identifikasi tanda tangan dengan menggunakan dua pendekatan ekstraksi, pendekatan pertama menggunakan metode PCA, sedangkan pendekatan kedua menerapkan metode KPCA, kedua pendekatan ini akan digunakan sebagai parameter masukan metode Kohonen SOM untuk identifikasi. Berdasarkan hasil pengujian, kombinasi KPCA+Kohonen lebih akurat untuk identifikasi dengan 94,76% dibandingkan PCA+Kohonen nilai akurasi 84,90%, namun untuk waktu identifikasi metode PCA+Kohonen lebih cepat. 

Mawaddah Harahap, Amir Mahmud Husein, Abdi Dharma 2017
7

PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA DEWAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PROVINSI PAPUA

Abstrak

Pengembangan pembangunan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi memerlukan koordinasi dan sinergi yang terpadu dan terarah dari segenap pemangku kepentingan dalam upaya pengembangan tata kelola pemerintahan Povinsi Papua berbasis digital menuju e-governance. Berdasarkan hal tersebut maka Gubernur Provinsi Papua mengeluarkan Keputusan Gubernur Papua nomor 188.4/237/TAHUN 2015 tentang pembentukan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Provinsi Papua.Dalam pembentukanya Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Provinsi Papua memliki tugas pokok sebagai berikut: a). Merumuskan Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi, sebagai implementasi pelaksanaan e- governance di Pemerintahan Provinsi Papua. b). Menyusun jadwal Rencana Induk Berkelanjutan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Provinsi Papua. c). Menganalisa, mendesain Pengembangan dan Implementasi e- governance menuju good and clean governance. d). Sosialisasi Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi. e). Membentuk Kelompok Kerja dan Sekretariat Dewan TIK di tingkat Kabupaten dan Kota. f). Mempersiapkan materi survei dan jadwal survei kepada seluruh SKPD di Pemerintahan Provinsi Papua dan Kabupaten/Kota di Provinsi Papua. g). Menyampaikan Laporan dan Dokumen Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi kepada Gubernur Papua. h). Memberikan saran, pendapat dan pertimbangan dalam rangka pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di Provinsi Papua dan kebijakan-kebijakan pemerintah daerah yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Berdasarkan pada hasil pembahasan, maka menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Perencanaan strategis sistem informasi ini dibuat untuk membantu Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi merencanakan hal-hal strategis yang akan membantu Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mencapai tujuan yang dimiliki. 2) Perencanaan strategis sistem informasi menyajikan perencanaan-perencanaan yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi organisasi agar tercapai tujuannya. 3)Menghasilkan sebuah perencanaan strategis sistem informasi pada Dewan Teknologi.

Moch. El Bahar Conoras, Aprian Dwi Kurniawan 2017
8

PENGUKURAN PENGARUH PEMANFAATAN TI TERHADAP KINERJA INDIVIDUAL PADA SKPD KABUPATEN JAYAWIJAYA MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING ANALYSIS

Abstrak

Perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi (TI) diberbagai bidang pada kenyataannya dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi suatu pekerjaan. Dengan adanya hal tersebut, diharapkan dapat berpengaruh pada kinerja individual ataupun kinerja organisasi secara maksimal. Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja individual perlu dilakukan pengukuran yang objektif dan efisien. Profile Matching Analysis dianggap merupakan metode yang tepat dalam pengukuran tersebut karena memiliki mekanisme pengambilan keputusan yang mengasumsikan bahwa terdapat tingkat variabel prediktor yang ideal yang harus dimiliki. Hasil penelitian pada 15 pegawai di 15 SKPD Kabupaten Jayawijaya tahun 2017 menunjukkan bahwa pengukuran menggunakan metode profile matching analysis dapat diterapkan dengan persentase pengaruh sebesar 80,228 % atau 4,0114 dari skala nilai 5 yang ditetapkan. 

Teguh Priyantoro 2017
9

KORELASI TINGKAT KESALAHAN DAN EPOH DALAM JARINGAN BACKPROPAGATION

Abstrak

Jaringan Syaraf Tiruan (JST) khususnya metode backpropagation banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi untuk memecahkan masalah. Dalam JST ini, hal penting yang menentukan kinerjanya yaitu algoritma pelatihan yang digunakan. Kinerja algoritma ini dipengaruhi oleh beberapa parameter jaringan diantaranya banyaknya neuron dalam lapisan input, maksimum epoh yang diijinkan, besarnya laju pemahaman (learning rate), dan kesalahan yang dihasilkan (MSE). Pengujian yang telah dilakukan pada riset sebelumnya diperoleh hasil bahwa algoritma pelatihan yang paling optimal berdasarkan hasil error terkecil adalah algoritma pelatihan Levenberg-Marquardt dengan rata-rata MSE sebesar 0.001001 pada pengujian tingkat α = 5%. Pada riset ini dilakukan uji korelasi antara error yang dihasilkan oleh jaringan (MSE) terhadap epoh yang diperlukan jaringan dalam mencapai konvergensi pada algoritma pelatihan Levenberg-Marquardt. Riset ini dilakukan menggunakan metode campuran (mixed method) yaitu pengembangan perangkat lunak komputer dengan pengujian kuantitatif menggunakan uji-t sebagai alat uji statistik. Lapisan input jaringan berupa data random dengan 5, 10, dan 15 neuron, sedangkan lapisan output terdiri 1 neuron. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada tingkat α = 5% terdapat korelasi positif antara tingkat kesalahan jaringan dan epoh dengan koefisien korelasi Pearson (r) sebesar 0,727. Besar pengaruh kedua variabel diketahui berdasarkan analisis regresi linier dan diperoleh persamaan MSE = -0,002 + 0,00007114 epoh. 

Hindayati Mustafidah, Harjono 2017
10

SISTEM PAKAR PENDETEKSI DAN PENANGANAN ANOREXIA NERVOSA PADA PERANGKAT BERGERAK

Abstrak

Anorexia Nervosa merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan psikologis yang mengakibatkan penderitanya terobsesi dengan berat badan ideal sehingga membatasi asupan makanannya secara berlebihan. Para penderita Anorexia Nervosa sangat takut gemuk sehingga mereka menerapkan cara-cara diet ekstrem untuk menurunkan berat badan. Mereka tetap berpikir bahwa tubuh mereka terlalu gemuk meskipun mereka sudah terlampau kurus, terserang penyakit, atau bahkan terancam kematian. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sistem pakar yang dapat mendeteksi adanya gejala-gejala gangguan Anorexia Nervosa beserta penanganannya.

Metode untuk mengembangkan Sistem Pakar adalah dengan menggunakan metode Forward Chaining (runut-maju). Metode Forward Chaining (runut maju) adalah metode yang dimulai dengan informasi yang ada dan penggabungan kaidah untuk menghasilkan suatu kesimpulan atau tujuan. Langkah-langkah penelitian adalah analisis kebutuhan sistem, pengambilan data, perancangan sistem, pembuatan kode program, pengujian sistem, dan penarikan kesimpulan

Berdasarkan hasil pengujian dan analisi dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Aplikasi deteksi Anorexia Nervosa dapat melakukan diagnosis yang diperoleh dari pakar; Penggunaan SQLite memberikan kemudahan dalam pembuatan basisdata pada aplikasi sistem pakar karena tidak memerlukan sumber daya jaringan ketika menjalankan query maupun mengambil data; Penggunaan metode Expert System Development Life Cycle (ESDLC) cocok pada pengembangan aplikasi ini. Hasil pengujian sistem dengan black box menunjukkan bahwa sistem tidak memiliki kesalahan dalam menjalankan fungsi-fungsinya. 

R. Rizal Isnanto, Dania Eridani, Khothifatul Faizati Affa 2017
11

MODEL PEMBERIAN BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DENGAN METODE ELIMINATION ET CHOIX TRADUISANT LA REALITE DI KECAMATAN MARAWOLA

Abstrak

PKH adalah Program yang memberikan bantuan tunai bersyarat kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang telah di tetapkan sebagai peserta PKH dengan ketentuan tertentu. selama ini lebih banyak program atau kebijakan yang gagal dilaksanakan dari pada yang berhasil dilaksanakan, bahkan para ahli menyatakan bahwa implementasi yang berhasil hanyalah sebuah kebetulan (by chance), sementara kebijakan yang gagal dalam implementasi merupakan by design. Oleh karena itu diperlukan sebuah model guna membantu pihak Kecamatan menentukan warga penerima Program Keluarga Harapan. Salah satu metode pendukung keputusan adalah Metode ELECTRE dipilih karena memiliki performa yang baik untuk menganalisis kebijakan yang melibatkan kriteria kualitatif dan kuantitatif. 

Hajra Rasmita, Isdar Adjufri, Syaiful Hendra 2017
12

SISTEM PERAMALAN ANGKA PENJUALAN KENDARAAN BERMOTOR BERDASARKAN BIAYA PROMOSI DAN JUMLAH SALESMAN (STUDI KASUS: P.T. HASJRAT ABADI SENTANI)

Abstrak

Penjualan kendaraan roda dua masih mendominasi di wilayah Papua. Kendaraan roda dua bermacam-macam merk dan jenisnya, sehingga perlu dilakukan pengkajian agar kendaraan yang dikirim ke Papua adalah yang dibutuhkan oleh konsumen. Pada penelitian ini dihasilkan sistem yang dapat melakukan peramalan berapa jumlah angka penjualan yang terjadi pada waktu yang akan datang. Adapun metode yang digunakan untuk melakukan peramalan adalah backpropagation (propagasi balik) dengan variabel input berupa biaya promosi dan jumlah salesman serta variabel ouput adalah peramalan angka penjualan. Parameter pelatihan backpropagation yang digunakan yaitu maksimum epoh sebesar 50.000, laju pembelajaran 0,6, minimum error 0,0000001, jumlah lapisan tersembunyi 1 dan jumlah neuron pada lapisan tersembunyi adalah 4. Parameter pelatihan ini digunakan untuk semua jaringan backpropagation. Terdapat 5 jaringan yang digunakan karena jenis kendaraan yang dimasukkan ke dalam sistem juga 5 jenis, yaitu Mio, Jupiter, Vixion, Byson dan Vega. Hasil pengujian sistem menunjukkan nilai akurasi sistem dalam meramalkan data yang pernah dilatih sebelumnya adalah 100% dan 95% untuk data yang belum pernah dilatih sebelumnya. 

Tedy Rismawan, Yulius Palumpun 2017
13

PEMANFAATAN MODEL-VIEW-CONTROLLER (MVC) DALAM RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI RAKORNAS APTIKOM 2017

Abstrak

Dalam dunia pendidikan tinggi khususnya bidang ilmu komputer, kampus dituntut untuk menerapkan teknologi informasi dalam berbagai proses manajemen dan perkuliahannya agar dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dengan dunia kerja, sehingga seringkali perguruan tinggi membutuhkan informasi dan pengetahuan baru dari guru besar, konsultan dan pakar IT. Perguruan tinggi terkadang mengalami kesulitan untuk memilih kurikulum TI dalam rangka perkembangan teknologi informasi yang dibutuhkannya. Rakornas Aptikom 2017 diadakan untuk membantu perguruan tinggi TI untuk ikut serta dan menjadi anggota dalam Rapat Koordinasi Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom) untuk mendapatkan konsultasi mengenai teknologi informasi yang akan digunakan dengan cara mengikuti klinik, workshop, berbagai seminar serta membantu perguruan tinggi TI berkolaborasi dalam meningkatkan kompetensi IT yang terkait dengan proses perancangan, serta pelaksanaan suatu proyek teknologi informasi ke depannya. Pemanfaatan Model-View-Controller (MVC) digunakan untuk membangun sistem informasi sebagai penunjang kegiatan Rakornas Aptikom 2017, dalam memenuhi kebutuhan informasi dan fasilitas bagi perguruan tinggi untuk ikut serta. Hasil dari penelitian ini yakni dengan dibuatnya website sistem informasi Rakornas Aptikom 2017, terdapat 512 orang dari berbagai perguruan tinggi informatika se-Indonesia yang ikut serta dan akan terus bertambah, 264 orang diantaranya akan mengikuti Rakornas dan Klinik, dan 261 orang sisanya mengikuti seminar nasional. 

Abd. Rachman Dayat, Liza Angriani 2017
14

PENGGUNAAN SOFTWARE MATLAB UNTUK ANALISA STRUKTUR

Abstrak

Perkembangan teknologi komputasi banyak digunakan dalam dunia rekayasa teknik, dalam tulisan ini akan dijelaskan penggunaan perangkat lunak MATLAB yang digunakan untuk simulasi terjadinya resonansi pada suatu struktur, dimana fenomena resonansi adalah fenomena yang harus dihindari karena akan mengakibatkan kerusakan struktur mesin atau bangunan. Dengan simulasi terjadinya resonansi kita akan dapat mengetahui parameter parameter dinamik yang harus di pilih, yaitu berupa nilai massa, redaman dan kekakuan yang tepat agar tidak terjadi resonansi. 

Ramses Hutahaean 2017
15

PENGEMBANGAN SOFTWARE PENILAIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SMK NEGERI 1 KABUPATEN BULUKUMBA

Abstrak

Kurikulum SMK yang semula berbasis sekolah (school based) dan mata pelajaran (subject matter), disesuaikan menjadi kurikulum berbasis kompetensi ditekankan agar siswa yang mengikuti pendidikan di sekolah memperoleh kompetensi yang diinginkan sesuai dengan tuntutan dunia kerja, serta kecenderungan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di masa yang akan datang dengan tetap mengacu kepada ketentuan-kententuan yang berlaku.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan software penilaian teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada materi pokok Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface) yang dikembangkan, dan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan software penilaian hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada materi pokok Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface) memenuhi kriteria valid dan efektif. Kevalidan diperoleh berdasarkan penilaian validator terhadap hasil belajar yang dibuat dalam Software Penilaian. Keefektifan meliputi pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) secara klasikal, dan respon terhadap Software Penilaian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dalam software penilaian memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian validator dan software penilaian memenuhi kriteria efektif berdasarkan ketuntasan klasikal telah tercapai dimana semua siswa mengalami ketuntasan dari nilai KKM yang telah ditentukan, dan respon siswa memenuhi kriteria respon positif. 

Nurdiansah 2017
16

TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENDUKUNG KNOWLEDGE MANAGEMENT DI ORGANISASI ALUMNI

Abstrak

Knowledge Management adalah pendekatan sistematik untuk mengelola (mencari, menangkap, menyimpan, menggunakan, dan menciptakan) aset pengetahuan untuk meraih tujuan organisasi dengan mengandalkan pada knowledge worker sebagai kapital organisasi utama, melalui kemampuan terbaiknya. Sedangkan di organisasi saat ini, tantangan yang dihadapi adalah bagaimana menjaga hilangnya pengetahuan misalnya pensiun/pergi/keluarnya staf yang sudah matang dengan pengetahuan yang melekat pada dirinya. Oleh karena itu, diperlukan suatu mekanisme pengelolaan pengetahuan untuk menjaga agar pengetahuan yang melekat pada individu tersebut masih menjadi aset organisasi. Peran pimpinan sebagai enabler kegiatan yang didukung oleh semua elemen organisasi serta didukung oleh infrastruktur sistem ICT (Information and communication technology) akan dapat mengurangi knowledge lost.

Organisasi alumni sebagai salah satu pilar perguruan tinggi, memainkan peran penting dalam dinamika pasar kerja saat ini, sehingga peran teknologi informasi dalam pengelolaan KM pada organisasi alumni diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi perusahaan atau instansi, masyarakat dan alumni itu sendiri. Knowledge Management bukanlah sebuah sistem komputer, melainkan sebuah pendekatan dengan 70% adalah cara berpikir dan perilaku manusia dan 30% dukungan teknologi. Oleh karena itu penerapan KM di organisasi alumni akan sangat tergantung pada orang yang ada didalamnya motiviasi, serta kesadaran individu dalam memanfaatkan teknologi informasi guna melestarikan pengetahuan yang dimilikinya. 

Joko Prayitno, Kusrini, Sudarmawan 2017
17

PENERAPAN ALAT SENSOR KELEMBAPAN TANAH DENGAN MIKROKONTROLER ATMEGA328 UNTUK PENYIRAMAN TANAMAN OTOMATIS

Abstrak

Tanaman adalah mahluk hidup yang membutuhkan air sebagai pendukung pertumbuhan alaminya, sehingga pertumbuhan tanaman sangat berpengaruh pada jumlah air dan unsur hara yang dapat diserap secara baik dalam proses pertumbuhan. Tanaman memperoleh air melalui tanah yang diserap oleh akar, namun untuk tanaman berakar pendek seperti sawi, tomat, cabai, maka sulit untuk menjangkau air lebih dalam, selain kedalaman dan tingkat elevasi tanah yang mempengaruhi jumlah air tanah, selain itu juga dipengaruhi oleh tingkat kelembapan permukaan tanah. Untuk menjaga kualitas kelembapan tanah agar tetap stabil maka diperlukan penanganan khusus yaitu penyiraman secara rutin dengan memperhatikan tingkat persentase kadar air berkisar 50%-70%. Penyiraman tanaman yang saat ini banyak dilakukan oleh manusia secara manual membutuhkan waktu dan tenaga. Oleh karena itu dibutuhkan alat yang dapat diterapkan secara otomatis dalam menyiram tanaman secara berkala dan teratur. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat penyiram tanaman otomatis menggunakan mikrokontroler ATmega328 dengan penggunaan sensor soil moisture untuk mendeteksi kelembapan tanah untuk mengatur waktu penyiraman pada tanah percobaan dengan ukuran 150x90cm. Dari penelitian yang sudah dilakukan, alat penyiram otomatis dikontrol oleh mikrokontroler ATmega328 dapat bekerja dengan baik dari sensor moisture probe yang terpasang pada tanah. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa persentase kadar air pada kondisi tanah kering yaitu dengan persentase kadar air 0,59%-30,55% proses penyiraman dilakukan, sedangkan untuk tanah lembab dengan persentase 35,42%-70%, dan tanah basah dengan persentase lebih dari 71% tidak dilakukan penyiraman. 

Asniati, Ery Muchyar Hasiri, M. Arif Suryawan 2017
18

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDATAAN AKREDITASI PROGRAM STUDI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Abstrak

Akreditasi memiliki peran yang penting dalam menentukan kelaykan suatu program studi. Berdasarkan PP no 19 tahun 2005 disebutkan bahwa Akreditasi merupakan bentuk akuntabilitas publik dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan. Oleh karena, perguruan tinggi sebagai pelaksana pendidikan tinggi berkewajiban untuk melakukan proses penjaminan pendidikan melalui unit-unit kerja terkait. Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) merupakan lembaga yang bertanggungjawab untuk memastikan proses penjaminan mutu pendidikan berjalan dengan sebagaiman mestinya. Untuk itu, aplikasi pendataan akreditasi program studi ini, diharapkan dapat membantu LP3M dalam menjalankan fungsinya sebagiai lembaga pengawas penjaminan mutu. Selain itu, bagi program studi terkait dan pimpina, dapat mengetahui kondisi terkini pendataan akreditasi perguruan tinggi. 

Razief Perucha Fauzie Afidh, Irvanizam, Rasudin 2017
19

PENERAPAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN) UNTUK PREDIKSI WAKTU KELULUSAN MAHASISWA

Abstrak

Angka kelulusan yang tinggi dapat dianggap sebagai salah satu indikator keberhasilan dalam proses penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Tinggi. Secara spesifik, Ketua Program Studi maupun Dosen Wali di Fakultas Ilmu Komputer dan Manajemen (FIKOM) Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) belum pernah melakukan prediksi tentang waktu kelulusan mahasiswa, yang ada adalah proses mendata mahasiswa lulus dan lama studinya. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) dan Fungsi Similarity untuk menghitung kemiripan data dalam sebuah perangkat lunak yang dapat memberikan prediksi waktu kelulusan mahasiswa. Hasil pengujian menggunakan aplikasi prediksi waktu kelulusan dengan 7 (tujuh) kriteria yaitu IPS1-IPS4, jumlah SKS lulus sampai semester 4, jurusan SLTA, program studi, asal suku, penghasilan orang tua dan jenis kelamin di dapat akurasi untuk Program Studi Teknik Informatika S1 sebesar 84% sedangkan Program Studi Sistem Informasi S1 sebesar 87%. 

Andi Gita Novianti, Dian Prasetyo 2017
20

SISTEM INFORMASI RESERVASI HOTEL PERMATA JAYAPURA BERBASIS WEB

Abstrak

Di zaman sekarang ini banyak perusahaan yang mengandalkan teknologi dan informasi. Dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi ini dapat membantu perusahaan yang salah satunya bergerak dibidang jasa yaitu perhotelan.

Dalam dunia perhotelan terdapat istilah reservasi yang berarti pemesanan. Selama ini Hotel Permata menerima reservasi via telefon, fax atau mendatangi langsung ke hotel. Oleh karena itu hotel dituntut untuk lebih meningkatkan pelayanan demi mencapai kepuasan pelanggan dalam hal reservasi.

Tugas akhir ini membangun suatu sistem informasi yang dapat dengan mudah digunakan oleh staff dan juga pelanggan dalam melakukan reservasi yaitu Sistem Informasi Reservasi Hotel Permata Jayapura Berbasis Web. Sistem ini juga dapat memberikan aktifasi kepada pelanggan yang telah melakukan pembayaran. 

Haryati Suharto , Siti Nurhayati 2017
21

PENGELOMPOKAN TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS

Abstrak

Masa studi mahasiswa program sarjana biasanya bervariasi antara 3.5 – 7 tahun, demikian juga Indeks Prestasi Komulatif (IPK) lulusan biasanya berada pada range 2.50 – 3.75. Melalui penelitian ini, ingin diketahui apakah ada hubungan antara masa studi dengan IPK kelulusan yang diperolehnya. Ujicoba dilakukan terhadap 171 lulusan dari dua program sarjana di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer dan Manajemen (FIKOM) Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) , yaitu Program Studi (prodi) Teknik Informatika (137 orang) dan Prodi Sistem Informasi (34 orang). Pengelompokan/klaster dilakukan menggunakan Algoritma k-means dengan pengukuran jarak antar data menggunakan Euclidean Distance. Jumlah klaster yang akan dibentuk sebanyak tiga klaster.

Dari hasil klaster diperoleh kesimpulan bahwa lulusan yang memiliki Lama Studi Kurang Tepat Waktu (5 – 6 tahun), memiliki IPK dalam kelompok Baik (3.01 – 3.50). Lulusan yang memiliki Lama Studi Tidak Tepat Waktu (6 – 7 tahun), memiliki IPK dalam kelompok Cukup (2.00 – 2.75) sampai dengan Cukup Baik (2.76 – 3.00). Sedangkan lulusan yang memiliki Lama Studi Tepat Waktu (3 – 4.5 tahun), memiliki IPK dalam kelompok Baik (3.01 – 3.50) dan Sangat Baik (> 3.50). 

Yulius Palumpun, Sitti Nur Alam 2017
22

ANALISIS PERBANDINGAN IMPLEMENTASI KERNEL PADA LIBRARY LibSVM UNTUK KLASIFIKASI SENTIMEN MENGGUNAKAN WEKA

Abstrak

Analisis sentimen merupakan salah satu cabang ilmu yang mengalami perkembangan sangat pesat dalam sepuluh tahun terakhir. Sejak diperkenalkannya metode machine learning untuk analisis sentimen, banyak algoritma klasifikasi yang mulai digunakan untuk mengelompokkan sentimen ke dalam kategori tertentu, diantaranya adalah Support Vector Machine (SVM). LibSVM adalah sebuah library khusus untuk Support Vector Machine yang mempermudah penerapannya dalam aplikasi sedangkan WEKA adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Waikato University sebagai alat bantu dalam pembelajaran mesin (machine learning) . Secara sederhana, model klasifikasi yang dihasilkan adalah sebuah fungsi hyperplane yang terbaik untuk merepresentasikan bidang pemisah dari sebaran data pelatihan. Dalam pencarian fungsi hyperplane tersebut digunakan trik kernel untuk mengatasi permasalahan linier dan non linier. Masing-masing kernel digunakan untuk permasalahan yang berbeda, namun yang menjadi pertanyaan adalah untuk analisis sentimen, dimana datanya berupa data tekstual, kernel manakah yang paling baik digunakan apabila kita ingin mendapatkan nilai akurasi yang paling tinggi. Penggunaan kernel Radial Basis Function memiliki nilai akurasi yang paling tinggi, yaitu sebesar 80.30%. Untuk pemilihan parameter terbaik, algoritma Grid Search menunjukkan penginkatan nilai akurasi dari 52.23% menjadi 69.48% pada kernel polynomial. 

Prawidya Destarianto, Wahyu Kurnia Dewanto, Hermawan Arief Putranto 2017
23

PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA, TEKNOLOGI INFORMASI DAN KEBIJAKAN AKUNTANSI TERHADAP PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL (STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH KOTA JAYAPURA)

Abstrak

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh sumber daya manusia, teknologi informasi dan kebijakan akuntansi terhadap penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual di lingkungan pemerintah kota Jayapura. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditentukan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara parsial yang berpengaruh signifikan terhacap penerapan akuntansi berbasis akrual di lingkungan pemerintah Kota Jayapura adalah sumber daya manusia dan kebijakan akuntansi, dan secara simultan sumber daya manusia, teknologi informasi dan kebijakan akuntansi berpengaruh terhadap penerapan akuntansi berbasis akrual di lingkungan pemerintah kota Jayapura. Saran dari penelitian ini adalah (1) bagi pemerintah Kota Jayapura perlu memperhatikan kualitas serta kapasitans sumber daya manusia dan teknologi informasi, (2) Saran untuk peneliti selanjutnya dapat lebih mengembangkan dan memperluas lingkup penelitian. 

Muhamad Yamin Noch, Junaedy, Arfan Trino Lesmana 2017
24

PENERAPAN ALGORITMA MULTIPLE FLOW DIRECTION UNTUK PEMODELAN GENANGAN BANJIR

Abstrak

Genangan air sering kali terjadi pada daerah rendah karena volume air hujan yang besar. Genangan air dalam jumlah besar dapat mengakibatkan banjir, oleh karena itu diperlukan simulasi genangan air dengan bantuan aplikasi komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui genangan banjir yang terjadi berdasarkan titik-titik ketinggian piksel pada peta Digital Elevation Model (DEM), titik-titik ketinggian piksel mewakili ketinggian permukaan tanah. Algoritma Multiple Flow Direction (MFD) digunakan untuk mengetahui arah dan genangan air yang mungkin terjadi pada daerah rendah. Penelitian ini merupakan perancangan sistem dalam bentuk pemodelan yang diawali dengan perumusan masalah, studi kepustakaan dan penelitian ekperimental dengan mengembangkan algoritma MFD untuk menentukan arah aliran air. Air akan mengalir ke seluruh area piksel disekelilingnya yang memiliki nilai piksel yang lebih rendah dari piksel awal. Hasil penelitian ini menunjukkan daerah genangan banjir yang terjadi dari beberapa sumber titik awal air mengalir. 

Mohamad Arif Suryawan, Ery Muchyar Hasiri 2017
25

“LABYRINTH OF DEATH” 3D HORROR MAZE GAME ON DESKTOP

Abstrak

Nowadays, horrors games become one of the most popular game in gaming world. Many people love horrors games because it can make the player curious about what will happen in the game and when the ghost, monster, or zombie came up. Whenever player know that there are zombies or ghosts that will be shown in the game, many of them still shock when the zombies show up. Besides that, people like to play horror game because many horror game give realistic graphic so the game can give realistic image of the environment, the ghost, and the monster so that the player can feel like they’re not just play a game but like they’re be in the game. The game that will be developed in this research is a maze game with horror theme and will be called “Labyrinth of Death”. This game is developed using Unity and Blender 3D as the main software in the development of this game. The gameplay of this game is like a FPS (First Person Shooter) game that used first person view. This gameplay will give a new way to play a maze game. Unlike in a usual maze game, in this game the player cannot see the overall maze or map and this will be make the game harder than usual maze. The reason of giving name “Labyrinth” because there were also zombies and ghosts as the keeper of this labyrinth that will try to kill the player so that the player cannot escape from the labyrinth. 

Abil Reza, Rikip Ginanjar, Rosalina, Nur hadisukmana, Tjong wansen, RB wahyu 2017
26

IMPLEMENTATION OF NEWS DETECTION AND TRACKING

Abstrak

In recent years, peoples are rarely use or read newspapers to get information. Nowadays peoples are use internet to get news or information. Internet is almost provides anything including news. News that provided on the internet usually called Online News. Going online created more opportunities for newspapers, such as competing with broadcast journalism in presenting breaking news in a better timely manner. The credibility and strong brand recognition of well-established newspapers, and the close relationships they have with advertisers, are also seen by many in the newspaper industry as strengthening their chances of survival. The movement away from the printing process can also help decrease costs. 

Ryan Adi Habibie, Rikip Ginanjar, Rosalina, Nur hadisukmana, Tjong wansen, RB wahyu 2017
27

APLIKASI DIGITAL LIBRARY DENGAN INFRASTRUKTUR CLOUD COMPUTING

Abstrak

Aplikasi Digital Library muncul sebagai solusi terkini karena merupakan sebuah program penunjang untuk mengelola data buku baik keluar ataupun masuk. Namun belum adanya suatu aplikasi perpustakaan (digital library) yang sedang berjalan dengan mengkombinasikan keamanan data, kemudahan akses pengguna, dan media browser menunjukan bahwa di butuhkannya suatu aplikasi perpustakaan digital yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam pencarian informasi dengan akses data yang cepat dan tingkat keamanan data yang baik dengan infrastruktur cloud server. Berdasarkan permasalahan tersebut kami tertarik untuk membangun aplikasi Digital Library Dengan metode Infrastruktur Cloud Computing yang dapat memecahkan permasalahan serta diharapkan dapat memberikan andil dalam kemajuan IT pada perpustakaan. kriteria yang di gunakan yaitu kecepatan akses dengan menggunakan media layanan internet. Dari hasil salah satu sample implementasi perbandingan aplikasi digital library penulis dan aplikasi digital library pembanding di dapatkan data sebagai berikut : Aplikasi digital library penulis membutuhkan rata-rata 310.2Kb (22,4detik) dalam menjalankan aplikasi dan Aplikasi digital library pembanding membutuhkan rata-rata 208.8Kb (14.4detik) dengan perbandingan pengujian form ( 7:5 ) dan media penyimpanan database yang berbeda. 

Ina Agustina, Andrianingsih, Haromen 2017
28

ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP PENERAPAN E-COMMERCE DI UKM KOTA JAYAPURA

Abstrak

Pemanfaatan sistem informasi menjadi suatu keharusan yang tidak dapat dihindari oleh setiap perusahaan yang ingin menempatkan dirinya pada posisi paling depan dalam suatu industri. Kemampuan sistem informasi memegang peranan yang sangat penting yang kini mengarah ke transaksi belanja online mendorong sejumlah kalangan untuk mengembangkan suatu produk yang mampu menjembatani transaksi tersebut, contohnya suatu sistem transaksi online yang biasa disebut dengan E-commerce. Model yang dapat digunakan untuk menggukur penerimaan teknologi adalah Model Penerimaan Teknologi (TAM). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan dan niat untuk menggunakan terhadap penerapan e-commerce di UKM Kota Jayapura.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiain ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan skala likert. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Metode analisis data analisis regresi linier be.rganda.
Hasil penelitian ini adalah untuk membantu manajer dalam menilai keberhasilan penerimaan teknologi baru dalam UKM dan untuk mengetahui pengaruh kegunaan (usefulness), kemudahan pengguna (ease of use), niat untuk menggunakan (behavioral intention to use) serta realisasi penggunaan (actual system usage) dalam model TAM terhadap penerimaan komputer mikro (e-commerce) di UKM Kota Jayapura. 

Septyana Prasetianingrum, Fajar Rina Sejati 2017
29

ENHANCED CONFIX STRIPPING & NAIVE BAYES CLASSIFIER PADA ANALISIS SENTIMEN REVIEW RESTORAN FISH STREAT DALAM APLIKASI ZOMATO

Abstrak

Restoran adalah usaha yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan tersebut. Pesatnya perkembangan bisnis restoran didamping juga dengan berkembangnya teknologi informasi. Salah satu perkembangan teknologi yang mendukung usaha restoran yaitu aplikasi Zomato. Aplikasi Zomato menyajikan informasi berupa nama restoran, kontak, alamat, menu, foto, lokasi, layanan, ulasan restoran dan lain sebagainya. Setiap pengguna aplikasi Zomato dapat memberikan sebuah ulasan mengenai restoran yang ada pada aplikasi Zomato. Hal tersebut dapat digunakan sebagai sumber data dalam text mining untuk mencari sebuah sentimen yang terkandung dalam suatu ulasan. Dalam penelitan ini penulis menggunakan metode stemming Enhanced Confix Stripping dan menggunakan algoritma pengklasifikasian Naïve Bayes. Hasil penelitian analisis sentimen ini dilakukan untuk mengetahui opini atau ulasan masyarakat melalui aplikasi Zomato mengenai ulasan menu restoran Fish Streat. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pemilik restoran mengenai menu restoran yang disajikan, apakah menu makanan tersebut direspon positif atau negatif oleh masyarakat, sehingga aplikasi analisis sentimen ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas menu makanan yang ada pada restoran Fish Streat. 

Tristyanti Yusnitasari, Diana Ikasari, Irfan Humaini, Nur Syahri Ramdani 2017
30

APLIKASI AMOS DALAM ANALISIS PERAN HUMAN CAPITAL DALAM MENINGKATKAN HARGA SAHAM PERBANKAN

Abstrak

Human Capital diyakini berperan penting terhadap peningkatan nilai suatu perusahaan. Penelitian ini menganalisa sejauh mana peran Human Capital dalam meningkatkan Harga Saham pada Perusahaan Perbankan di Indonesia. Human Capital merupakan perpaduan dari pengetahuan, penguasaan teknologi informasi, keterampilan, kompetensi dan atribut yang melekat dalam suatu individu yang dapat meningkatkan kemampuan dan kreatifitas seseorang. Human Capital dalam penelitian ini diukur menggunakan metode Value Added Intellectual Coefficient (VAICTM) yang pengukurannya berdasarkan efisiensi dari salah satu komponennya, yaitu Value Added Human Capital (VAHU).

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sample 20 bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian Tahun 2009-2013. Data dianalisis menggunakan path analysis dengan aplikasi program Analysis Moment of Structure (AMOS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Human Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA), tetapi secara langsung berpengaruh negative tidak signifikan terhadap Harga Saham. Selanjutnya dapat dibuktikan bahwa Human Capital secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham dengan ROA sebagai variable mediasi. 

Yana Ermawati, Muhamad Yamin Noch, Zakaria 2017
31

EVALUASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SITUS TERHADAP MASUKAN KRITIK DAN SARAN KEPUASAN PENGGUNA

Abstrak

Kepuasan pengguna biasanya menjadi acuan penting bagi suatu organisasi, institusi, maupun perusahaan. Kepuasan pengguna bisa didapatkan dengan cara adanya penilaian dari pengguna yang berupa kritik dan saran. Masukan tersebut paling banyak mengomentari tentang kualitas pelayanan yang diberikan suatu perusahaan kepada mereka. Masukan tersebut disampaikan melalui portal website. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan tersebut, maka digunakanlah metode WebQual. Dimensi yang diukur adalah tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Setelah memenuhi uji reliabilitas dan validitasnya kuesioner, maka dilakukan analisis melalui deskriptif kuantitatif dalam penelitiannya. Dari metode tersebut maka akan menghasilkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan situs terhadap masukan kritik dan saran kepuasan pengguna berpengaruh secara signifikan. 

Agus Dendi Rachmatsyah, Harrizki Arie Pradana 2017
32

AVAILABLE BANDWIDTH ESTIMATION SCHEMES COMPARISON WITH THE PRESENCE OF HIDDEN NODE

Abstrak

In wireless network, available bandwidth estimation becomes more difficult because the wireless channels are used by multiple user or applications concurrently and also affected by the presence of hidden or exposed nodes. These nodes can lead to reduced available bandwidth on the link between sender and receiver node. In the literature, there are several studies aimed to develop available bandwidth scheme. But there are no studies that specifically compared those schemes comprehensively. Therefore, this study aims to test the performance of those schemes. The performance test was conducted by comparing estimated available bandwidth of each scheme with actual available bandwidth with the presence of hidden node. Experiments were conducted using OMNet++ simulation software. Based on the experimental results, ABE scheme has the best accuracy, followed by cPEAB, DLI-ABE, and IAB scheme. The accuracy level of ABE, cPEAB, DLI-ABE, and IAB scheme were 85.25%, 84.13%, 64.18%, and 51.2% respectively. 

Adhi Rizal 2017
33

ANALISIS METER AIR DIGITAL BERBASIS TOKEN MENGGUNAKAN LINKIT ONE PADA PDAM TIRTA KERTA RAHARJA KAB. TANGERANG

Abstrak

PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang saat ini masih menggunakan meteran air analog sebagai alat pengukur pemakaian air yang dipasang di setiap rumah. Pencatatan pemakaian air dengan meteran analog menimbulkan masalah seperti kesalahan membaca meter sehingga data tidak akurat. Untuk itu dirancang suatu sistem pembaca meter air digital berbasis Token dengan hasil pembacaannya disimpan di cloud agar pelanggan melalui smartphone dapat mengetahui penggunaan air PDAM dimanapun dan kapanpun. Token PDAM dirancang menggunakan sistem minimum Linkit One sebagai alat pengontrolan. Sensor yang digunakan adalah water flow sebagai unit pendeteksi debit air dan solenoid valve sebagai perangkat katup otomatis. Rancangan token PDAM digital ini menggunakan LCD 16x2 sebagai output display dan keypad 4x3 sebagai perangkat input data. Metode penelitian adalah prototyping dengan pendekatan evolutionary. Konsumen dapat mengatur pemakaian air dengan menekan angka pada tombol keypad sesuai kebutuhan. Data secara otomatis akan masuk ke database PDAM di cloud, dalam hal ini pada ubidots dengan memanfaatkan Wi-Fi pada Linkit One. Setelah angka pemakaian air diatur maka proses selanjutnya solenoid valve akan terbuka dan sensor water flow akan bekerja sampai angka pemakaian mencapai angka yang diatur pada LCD. Ketika pemakaian air telah tercapai maka solenoid valve akan tertutup dan display LCD akan kembali ke tampilan awal. 

Asep Saefullah, Yunianto Purnomo, Arwan 2017
34

PEMANFAATAAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY UNTUK GAME LABIRIN BERBASIS ANDROID

Abstrak

Labirin adalah sebuah puzzle dalam bentuk percabangan jalan yang kompleks dan memiliki banyak jalan buntu. Sejak zaman dahulu telah digunakan dalam berbagai kepentingan, mulai dari proteksi keamanan hingga hiburan. Pada saat konsep ini Labirin sudah di kembangkan dalam bentuk digital dengan mengembangan permainan dalam bentuk digital. Tujuan permainan ini, pemain harus menemukan jalan keluar dari sebuah pintu atau mencapai pada titik di dalam labirin. Permainan VR Labirin dengan dukungan teknologi Accelorometer dan Gyroscope ini, pemain dapat merasakan lorong-lorong permainan laibirin secara virtual dengan mendekati seolah-olah nyata. 

Tarmin Abdulghani, Muhammad Taher Jufri , Saiful Mufti 2017
35

APLIKASI MOBILE KOMUNITAS PERAJIN KERAMIK DI UPTD LITBANG KERAMIK PLERED PURWAKARTA

Abstrak

Tugas pokok Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) KERAMIK PLERED adalah melakukan dan melaksanakan penelitian dan pengembangan keramik yang ada di wilayah kerja Kabupaten Purwakarta, meliputi penelitian dan pengembangan teknologi, desain dan pemasaran. Selain pemanfaatan teknologi, komunitas menjadi media ampuh yang digunakan untuk meningkatkan pemasaran yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Penelitian dan Pengembangan Keramik Plered (UPTD). Sejauh ini UPTD Litbang Keramik Plered dalam perluasan pemasaran cara yang digunakannya yaitu dengan mengadakan atau mengikuti pameran untuk memikat pengunjung yang datang dan berharap tertarik pada produk yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini membuat aplikasi komunitas perajin keramik yang mempermudah perajin dalam mengenalkan produk yang dibuatnya kepada para pelanggan, sehingga hal tersebut diharapkan dapat mendongkrak penjualan keramik dan dapat terbentuknya suatu aliran komunikasi antara sesama perajin maupun dengan pelanggan. Aplikasi ini memiliki arsitektur Restful Web Service yang dikembangkan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak model prototype, keberhasilan pengembangan perangkat lunak dengan metode ini bergantung kepada interaksi pengembang dengan pengguna. Fitur yang dimiliki diantaranya adalah posting produk, kirim pesan profile, posting artikel, download data pengguna, fitur komentar pada produk dan artikel. 

Teguh Iman Hermanto, Muhammad Rafi Muttaqin 2017
36

ANALISIS PERKEMBANGBIAKAN PLASMODIUM PENYEBAB PENYAKIT MALARIA DALAM SEL DARAH MERAH MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) DI KOTA JAYAPURA

Abstrak

Malaria adalah penyakit kronis dan akut yang disebabkan oleh protozoa dari jenis Plasmodium. Ada 4 spesies yang utama dari jenis plasmodium yang menyebabkan penyakit malaria pada manusia, yaitu: Plasmodium falciparum, Plasmodium vivax, Plasmodium malariae dan Plasmodium ovale. Yang paling penting dari spesies ini adalah Plasmodium falciparum karena akibatnya bisa fatal dan spesies ini juga yang paling banyak menyebabkan kematian. Angka kesakitan penyakit ini relatif masih cukup tinggi terutama di kawasan Indonesia bagian timur khususnya di Papua. Malaria masih mengancam status kesehatan masyarakat terutama bagi masyarakat miskin yang hidup di daerah terpencil. Oleh karena itu upaya pengendalian malaria perlu kita tingkatkan terus menerus antara lain meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para pelaksananya/tenaga mikroskopis terutama di Dati II dan tenaga lapangan (Puskesmas/Rumah Sakit/Unit Pelayanan Kesehatan).Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit- Rumah Sakit yang ada di Kota Jayapura Propinsi Papua selama 6 bulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perkembangbiakan plasmodium penyebab penyakit malaria dalam sel darah merah dapat dilakukan dengan metode Support Vector Machine(SVM)sehingga diharapkan dapat mendiagnosa sejak dini plasmodium falciparu secara cepat dan perancangan sistem tentang klasifikasi Plasmodium Falciparum dalam bentuk aplikasi yang diharapkan akan dapat membantu rumah sakit–rumah sakit dikota Jayapura. 

Nur Ain Banyal, Abd. Rachman Dayat 2017
37

INOVASI APLIKASI CHECK IN SPOT NELAYAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS NELAYAN PADA DESA BINAAN KECAMATAN BAGAN DELI MEDAN

Abstrak

Tujuan Jangka panjang dari penelitian yang dilakukan adalah menghasilkan nelayan yang lebih modern yang dapat meningkatkan produktivitanya sebagai nelayan sehingga mereka tidak perlu menandai wilayahnya dengan kayu ataupun botol selain itu dan hal itu pastinya mengefesiensikan bahan bakar dan mengefektifkan pekerjaan nelayan. Aplikasi ini juga di lengkapi dengan prediksi cuaca sehingga nelayan dapat memprediksi kondisi cuaca sebelum melaut. Dengan penerapan aplikasi ini diharapkan nelayan menjadi lebih pintar dan meningkatkan produktivitas 50 sampai dengan 100 persen. Penelitian ini dilakukan di desa binaan Kecamatan bagan deli dengan melibatkan kelompok nelayan. Selain itu targetnya adalah nelayan menjadi dapat memanfaatkan fasilitas dan mengenal android sebagai alat bantu untuk melaut. Target utama penelitian ini adalah mengimplementasikan aplikasi Mobile Check Inspot start up kepada kelompok nelayan yang nantinya akan menjadi percontohan bagi kelompok nelayan lainnya sehingga system ini dapat dilakukan secara berkesinambungan. Untuk merealisasikan dan mewujudkan hal tersebut diperlukan kerjasama dari segala pihak yaitu pemerintah setempat, kelompok nelayan sebagai objek percontohan dan Tim. Rencana kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan selama 6 bulan dimulai dari observasi lapangan sampai dengan pengimplementasian dan controlling system dan memastikan system akan berjalan secara berkesinambungan. 

Muhammad Iqbal, Muhammad Zarlis, T.Henny Febriana Harumy 2017
38

ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MAHASISWA BERBASIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEBAGAI SURAT KETERANGAN PENDAMPING IJASAH

Abstrak

Kebanyakan pembelajaran yang berorientasi pada kegiatan kurikuler yang didasarkan pada kurikulum yang capaian pembelajaran ditunjukan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Transkrip menggambarkan kualitas seseorang dalam aspek kognitif dan belum bisa menunjukkan kualifikasi kemampuan soft skills. Undang undang No 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi menyatakan Mahasiswa mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan dirinya melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sebagai bagian dari proses pendidikan, dapat diartikan bahwa pendidikan tinggi juga harus dapat menunjukan capaian yang dihasilkan dari kegiatan ekstrakurikuler. Lulusan perguruan tinggi diberikan Ijasah, Transkrip Akademik dan Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI). SKPI merupakan dokumen yang memuat informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar. Kondisi tersebut perlu adanya pengembangan penilaian kegiatan ekstrakurikuler yang berdampak pada kualifikasi soft skills serta mengembangkan sistem informasi tentang pendokumentasian kegiatan ekstrakurikuler dengan penilaian kualitatif ataupun kuantitatif yang luarannya dalam bentuk SKPI. Analisis kebutuhan sistem informasi merupakan langkah awal untuk menentukan gambaran sistem informasi yang akan dihasilkan ketika pengembang melaksanakan sebuah proyek pembuatan perangkat lunak sistem informasi. Analisis kebutuhan pada pengembangan sistem informasi merupakan tahap awal pengembangan, pada tahap awal dilakukan penelitian untuk mendapatkan data kegiatan ekstrakurikuler dan korelasinya dengan soft skills menggunakan rancangan expost facto (kausal komparatif) dengan metode survey. Atribut kegiatan ektrakurikuler yang digunakan terdiri dari 24 kegiatan dengan 12 elemen soft skills yang mengacu kepada pengguna lulusan. Fungsional Sistem Informasi yang paling utama dari analisis kebutuhan adalah Sistem dapat memberikan laporan kegiatan dan laporan soft skills mahasiswa baik softcopy atau hardcopy dalam dokumen SKPI. 

Anang Andrianto 2017
39

MODEL ARSITEKTUR INFRASTRUKTUR DAN APLIKASI MANAJEMEN OPERASIONAL BIG DATA UNTUK UMKM

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional Indonesia. Dengan meningkatnya penetrasi internet di masyarakat, telah berkembang e-commerce yang digunakan juga oleh UMKM dalam transaksi online di masyarakat. Potensi transaksi yang besar ini, memerlukan teknologi yang mampu memproses data dengan kecepatan (velocity), volume dan variasi yang besar (big data). Dengan keterbatasan modal dan kemampuan teknologi, UMKM sulit memanfaatkan teknologi big data yang saat ini telah digunakan oleh perusahaan-perausahaan teknologi besar seperti Google, Facebook, Yahoo, Amazon. Oleh karena itu, pada tulisan ini diusulkan model arsitektur manajemen operasional big data untuk UMKM dengan memanfaatkan perangkat keras komuditas, dan perangkat lunak free open source. Model arsitektur yang diusulkan teridiri atas 2 model, yaitu: arsitektur infrastruktur, dan arsitektur aplikasi. Arsitektur infrastruktur yang diusulkan menggunakan konsep resource sharing melalui komunitas/ asosiasi UMKM, dan dengan integrasi sumber daya secara virtual menggunakan Virtual Private Network (VPN). Arsitektur infrastruktur yang diusulkan sudah diimplementasikan pada node-node komputer di Lab Komputer FTIS Unpar menggunakan Hadoop ecosystem dan Open VPN dengan hasil baik. Arsitektur aplikasi diusulkan menggunakan arsitektur mobile cloud dengan menggunakan perangkat lunak HDFS dan HBase yang dapat diakses melalui VPN oleh UMKM. Pengujian arsitektur aplikasi sudah diterapkan untuk beberapa kasus dan berjalan dengan baik. 

Gede Karya, Veronica S. Moertini 2017
40

ANALISIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PARIWISATA PROPINSI PAPUA

Abstrak

otensi pariwisata di Propinsi Papua dengan segala keanekaragaman obyek pariwisata, seni budaya, dan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pariwisata yang mampu menjadi penggerak ekonomi rakyat. Agar jumlah wisatawan terus meningkat dan tidak mengalami kejenuhan terhadap objek wisata, perlu adanya pengembangan dalam bidang pariwisata. Agar mendapat hasil yang optimal, pengembangan dalam bidang kepariwisataan harus lebih inovatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi.

Penelitian ini dilakukan di Kantor Dinas Pariwisata Propinsi Papua selama 6 bulan, dengan menggunakan metode survey untuk mendapatkan data dan informasi dari masyarakat Propinsi Papua yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan pariwisata yang ada di Propinsi Papua. Tujuan penelitian ini nantinya menghasilkan data lokasi pariwisata di Propinsi Papua dan mendapatkan informasi dari masyarakat tentang sejauhmana sistem informasi geografis yang telah ada di Dinas Pariwisata Propinsi Papua memuaskan kebutuhan masyarakat akan informasi Pariwisata di Propinsi Papua serta saran untuk perbaikan sistem informasi geografis tersebut untuk pengembangannya sesuai dengan keinginan masyarakat. 

Ari Widiastono, Liza Angriani 2017
41

SISTEM INFORMASI PARIWISATA PROVINSI PAPUA BERBASIS WEB

Abstrak

Papua adalah pulau paling timur yang ada di Indonesia merupakan salah satu daerah yang belum banyak dirambah manusia dan kaya akan sumber daya alam yang menjanjikan. Tanahnya yang luas dipenuhi hutan lebat, laut, dan keanekaragaman biotanya, sehingga memiliki banyak tempat wisata dengan potensi alam yang sangat mengagumkan, salah satunya Raja Ampat yang merupakan tempat wisata yang sangat terkenal karena keindahan alam dan lautnya. Tidak hanya itu, masih banyak tempat-tempat wisata lainnya yang patut dikunjungi. Namun kurangnya informasi mengenai tempat wisata tersebut. Dalam penelitian ini, dibangunlah sebuah sistem yang menggunakan metode pengembangan waterfall. Sistem ini dapat digunakan oleh pegawai di kantor Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua dan masyarakat dalam memberikan informasi mengenai pariwisata. Sistem ini akan menampilkan informasi yang lebih lengkap mengenai tempat-tempat pariwisata di Provinsi Papua dan galeri foto. Selain itu, para pengguna dapat memasukkan informasi, bertukar informasi di forum atau mini chat dan mengunggah foto di galeri yang sudah disediakan. Namun, untuk melakukan hal itu pengguna harus melakukan pendaftaran menjadi kontributor sehingga dapat masuk ke sistem. 

Siti Nurhayati, Vilda Giovanni Ristanto 2017
42

MODEL OPTIMASI JARINGAN SUPPLY CHAIN KERAJINAN JUMPUTAN PALEMBANG

Abstrak

Peran manajemen rantai pasokan atau SCM (Supply Chain Management) dewasa ini sangatlah strategis bagis perusahaan atau industri dalam memenangkan persaingan. Untuk dapat terus kompetitif di persaingan global, bisnis harus meningkatkan kualitas kinerja operasi rantai pasukannya, termasuk industri kecil dan menengah seperti pengerajin jumputan Palembang. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kinerja jaringan rantai pasoknya, mulai dari pemasuk bahan baku hingga aliran produk ke konsumen. Dalam paper ini penelitian di kawasan pengerajin Tuan Kentang Palembang. Kami menganalisis dan mengembangkan sebuah mixed integer linier model untuk meningkatkan kinerja jaringan rantai pasokan industri kerajinan jumputan. Konsep multi-product multi-period multi-facilities telah penulis paparkan, dimana masalah yang dianalisis disusun dalam bentuk network flow problem dengan tujuan utama yaitu meminimumkan total biaya rantai pasokannya. Pemecahan masalahnya dapat dilakukan menggunakan aplikasi CPLEX atau LINDO. 

Muhammad Izman Herdiansyah, Anis Lelitasari, Siti Sa’uda, Dedi Syamsuar, Hasmawati 2017
43

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PROSES PENYIMPANAN DATA HASIL PRODUKSI JAMUR TIRAM

Abstrak

Untuk mendukung usaha budidaya jamur, pemanfaatan Teknologi Informasi sangat diperlukan. Pemanfaatan ini dimulai dari proses produksi sampai dengan proses pemasaran. Pada proses produksi, teknologi informasi ini digunakan dalam proses pencatatan hasil produksi sehingga data yang dihasilkan dapat disimpan, diolah, dan disebarkan lebih mudah. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian untuk menghasilkan sistem informasi yang dapat membantu para petani dalam proses penyimpanan data hasil produksi jamur tiram.

Tahapan penelitian meliputi: pemahaman proses bisnis, analisis kebutuhan sistem, perancangan atau perancangan sistem, pengembangan sistem menggunakan Visual Basic dan basisdata MySQL, dan pengujian kinerja sistem. Kebutuhan perangkat dari sistem yang dibangun meliputi: sistem operasi WindowsKomputer Desktop atau PC yang dilengkapi dengan sistem komunikasi serial, timbangan elektronik, dan pembaca barcode.Pada tahapan perancangan, selain perancangan antarmuka pengguna, dilakukan juga perancangan sistem komunikasi antara timbangan elektronik dengan komputer.

Luaran dari penelitian ini adalah sistem yang dapat digunakan untuk mengelola produksi jamur tiram. Sistem ini meliputi sistem penimbangan, sistem pencatatan hasil produksi, laporan dalam bentuk grafik dan tabel. Dengan menggunkan sistem ini maka proses produksi dapat dipantau dan dievaluasi dengan mudah. Kelompok budidaya jamur dapat memetakan produksi dari setiap rak yang ada di kumbung jamur, sehingga dapat mengurangi risiko-risiko yang muncul dalam proses produksi jamur tiram. 

R. Rizal Isnanto, Kurniawan Teguh Martono, Marry Christiyanto 2017
44

SISTEM INFORMASI ANTRIAN PEMERIKSAAN KESEHATAN BERBASIS WEB DI KLINIK LACASINO MAKASSAR

Abstrak

Informasi merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan manusia baik itu infomasi tentang perekonomian, politik, pendidikan, teknologi, kesehatan dan sebagainya. Di era sekarang sistem komputerisasi sangat bermanfaat dalam membantu untuk memperoleh suatu informasi untuk membantu pekerjaan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sebuah sistem informasi antrian pemeriksaan kesehatan pada klinik Lacasino Makassar. Klinik Lacasino merupakan salah satu klinik yang beralamat di Jl. Adhyaksa Baru No.45 Kec. Makassar telah beroperasi kurang lebih 5 tahun dan telah memiliki jumlah pasien yang besar dan terus bertambah tiap harinya. Saat ini Klinik Lacasino belum memiliki sebuah sistem berbasis teknologi informasi dimana sistem pendataan pasien dan pendaftaran pemeriksaan pasien masih dilakukan dengan cara konvensional sehingga menimbulkan masalah yaitu (1) sering terjadi antrian pasien yang panjang saat pendaftaran dikarenakan sebagian besar pasien mendaftar secara langsung saat berobat, (2) beberapa pasien yang sudah terlanjur menunggu lama kemudian tidak mendapatkan pelayanan kesehatan sebagaimana mestinya dikarenakan kurangnya informasi jadwal buka poliklinik dan jadwal pemeriksaan dokter. Tahap penelitian yang dilakukan dimulai dari pengumpulan bahan dan alat, analisis kebutuhan sistem, pengkodean, pengujian sistem dan implementasi. Diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut dapat (1) Mendaftarkan dirinya sebagai member tetap klinik Lacasino secara online, (2) Menerima informasi mengenai jadwal buka poliklinik dan pemeriksaan dokter (3) Mendaftarkan diri untuk pemeriksaan rawat jalan secara online. 

Nurlindasari Tamsir, Nurdiansah 2017
45

PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN BIDANG TANAH DAERAH TRANSMIGRASI KELURAHAN KOYA BARAT DAN KOYA TIMUR

Abstrak

Kantor Pertanahan merupakan Instansi Pemeritah yang resmi berfungsi sebagai pemrosesan kepemilikan bidang tanah berupa sertipikat tanah.Untuk mendapatkan informasi bidangan tanah dibutuhkan waktu yang cukup lama karena Sumber Daya Manusia yang tidak memadai dan pegawai harus mencari informasi pada ruang warkah dan membuka satu persatu buku tanah. Dari masalah yang ada, maka akan dibangun sistem informasi geografis pemetaan bindangan tanah Kelurahan Koya Barat dan Koya Timur pada kantor Pertanahan Kota Jayapura. Tahapan penelitian dengan melakukan observasi langsung ke Kantor Pertanahan, untuk mendapatkan data/informasi bidangan tanah pada Kelurahan Koya Barat dan Koya Timur dan melakukan wawancara pada Staff Kantor Pertanahan Kota Jayapura, mengajukkan beberapa pertanyaan yang menyangkut Sistem Informasi yang akan dibagun. Atribut yang ditampilkan di dalam Sistem Informasi berupa: Peta Bidang Tanah, Layer Administasi Kota Jayapura, Layer Distrik Kota Jayapura, Keluruhan Koya Barat dan Koya Timur, Layer Sungai, Dan Layer Jalan, aribut-atribut tersebut dibedakan berdasarkan warna. Sedangkan Informasi umum yang disajikan didalam sistem berkaitan dengan data yang ada pada Sertipikat Tanah dan Surat Ukur Berupa Hak, No Sertipikat, Nama Pemilik, Tempat Lahir, No NIB, No SU, Provinsi, Kabupeten/Kota, Distrik/Kecamatan, Kelurahan, Keadaan Tanah, Tanda Batas, Luas, Batas Utara, Batas Selatan, Batas Barat, Batas Timur. Sistem dibagun menggunakan Arc GIS 10, Borland Delphi 7.0, Microsoft Access 2007.Hasil dari sistem yang dirancang ialah menampilkan sebuah peta bidang tanah dengan infomasi yang berkaitan dengan sertipikat tanah dan surat ukur, untuk mempermudah pegawai dalam memberikan pelayanan informasi bidangan tanah lebih cepat/efesien kepada pemohon/masyarakat dan menghindari terjadinya tumpang tindih sertipikat tanah. Dengan memanfaatkan sistem informasi geografis ini, maka dengan mudah pegawai dapat mengetahui informasi, hanya dengan mencari berdasarkan: No Sertipikat, Nama Pemilik No SU, No NIB. 

Rani Harianni Suparta, Evanita V Manullang 2017
46

IMPLEMENTASI PEMILIHAN SUPPLIER OBAT MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE PADA APOTEK MURNI PALU

Abstrak

Permasalahan yang sering dihadapi dalam proses pembelian di Apotek adalah proses pemilihan supplier, masalah yang biasa ditemukan adalah masalah harga yang ditawarkan oleh supplier, pemenuhan kapasitas pemesanan supplier, dan masalah keterlambatan waktu atau kedisiplinan supplier dalam mengirim obat serta fleksibilitas supplier dalam menangani perubahan pesanan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat melakukan pemilihan supplier yang sesuai kriteria. Untuk melakukan penentuan supplier ini digunakan metode Preference Ranking Organization Methods For Enrichment Evaluation (Promethee). Penelitian ini menggunakan tujuh kriteria yaitu, price, delivery lead time, on time delivery, quantity, quality, reputation and techical support.Sistem Pendukung Keputusan ini mampu menghasilkan alternatif supplier terbaik 

Syaiful Hendra, Aifan, Hajra Rasmita 2017
47

PEMANFAATAN TEKNOLOGI ELECTRONIC DATA INTERCHANGE DALAM SISTEM INFORMASI PERSURATAN DIGITAL, STUDI KASUS : INSPEKTORAT, DINAS PENDAPATAN DAERAH DAN DINAS CATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR

Abstrak

Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan inspektorat dapat membangun aplikasi sesuai kebutuhan untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, termasuk permasalahan persuratan. Dan merupakan salah satu aturan administrasi yang tidak boleh dilanggar adalah aturan surat menyurat antar inspektorat dan SKPD. Kendala yang dihadapi inspektorat dalam fungsi administrasi persuratan guna memaksimalkan fungsi pengawasan adalah kendala administrasi persuratan yang masih menggunakan sistem persuratan manual. Persuratan yang selama ini berlaku antar SKPD dan inspektorat membutuhkan proses yang panjang mulai pembuatan surat sampai disposisi surat, tentu saja ini menghambat gerak cepat inspektorat dalam melakukan pengawasan kerja SKPD. Electronic Data Interchange (EDI) Adalah Metode untuk saling bertukar data atau transaksi secara elektronik melalui jaringan komputer. transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui antar pihak yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik. Teknologi EDI dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan permasalah diatas dengan memanfaatkan teknologi EDI bisa terjadi pertukaran data dalam hal ini persuratan Digital antara SKPD dan inspektorat tanpa merubah struktu data dan hirarki yang telah ada baik itu di inspektorat maupun tiap SKPD. 

Erfan Hasmin, Nurul Aini 2017
48

ARSITEKTUR SISTEM KEAMANAN RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BIOMETRIK SIDIK JARI BERBASIS ARDUINO

Abstrak

Sistem keamanan rumah adalah teknologi baru yang mendapat banyak perhatian baru-baru ini oleh pemilik rumah. Sistem keamanan rumah konvensional yang banyak dipasang oleh para pemilik rumah memerlukan konfigurasi sistem yang rumit yang melibatkan biaya yang besar. Oleh karena itu, sistem keamanan rumah berbiaya murah menjadi alternatif bagi para pemilik rumah untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan rumah. Makalah ini menjelaskan sistem keamanan rumah sederhana yang diimplementasikan dengan menggunakan teknologi biometrik sidik jari dan mikrokontroler arduino. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan prototipe yang terdiri dari komponen perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat kerasnya meliputi sensor sidik jari, mikrokontroler, perangkat doorlock dan peralatan pendukung lainnya. Untuk aplikasi perangkat lunak, sebuah program dikembangkan untuk merekam data sidik jari dan untuk memverifikasi data pada mikrokontroler arduino. Semua komponen terhubung ke mikrokontroler arduino yang membuat sistem lebih mudah diimplementasikan dengan biaya lebih murah. 

Apri Siswanto, Ana Yulianti, Loneli Costaner 2017
49

SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN JARINGAN SARAF TIRUAN

Abstrak

Sejalan dengan perkembangan komputer dan penggunaan smartphone saat ini bukan hanya digunakan sebagai mesin ketik yang dapat bekerja lebih cepat dan otomatis atau hanya sekedar menelpon dan sms saja. Dibidang tertentu khususnya dibidang kedokteran mencoba menggantikan komputer dan handphone menjadi suatu alat bantu yang dapat menirukan cara kerja otak manusia dalam proses mendiagnosa suatu penyakit, sehingga diharapkan akan tercipta komputer dan handphone yang dapat menimbang dan mengambil keputusan sendiri (Expert System) / sistem cerdas. Kematian akibat Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia khususnya di kawasan Timur Indonesia masih sangat tinggi. Kematian disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satu faktor penyebabnya adalah keterlambatan dalam proses diagnosa. Mendiagnosa sedini mungkin penderita DBD serta memberi pertolongan dengan segera diharapkan dapat mencegah kematian.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang suatu sistem pakar dalam mendiagnosa penyakit demam berdarah dengue berbasis android menggunakan jaringan saraf tiruan backpropagation. Jaringan saraf tiruan backpropagation merupakan salah satu sistem pemrosesan yang dirancang dan dilatih untuk memiliki kemampuan seperti yang dimiliki oleh otak manusia dalam menyelesaikan permasalahan yang rumit dengan melakukan proses belajar melalui perubahan bobot sinapsisnya. Jaringan saraf mensimulasi struktur proses-proses otak (fungsi syaraf biologis) dan kemudian membawanya kepada perangkat lunak kelas baru yang dapat mengenali pola-pola yang kompleks serta belajar dari pengalaman-pengalaman masa lalu. Dari hasil pengujian dengan data latih sebanyak 50 sampel data sistem dapat mengenali semua data pelatihan (100 %) dapat dikenali, pengujian kedua dilakukan dengan teknik pengujian blackbox testing dimana seluruh fungsional sistem dapat bekerja dengan baik. Penelitian ini diharapkan dapat membatu para medis (dokter, asisten dokter, perawat) ataupun masyarakat luas dalam mendiagnosa sedini mungkin penderita penyakit DBD sehingga dapat dengan segera melakukan tindakan medis. 

Ahyuna, Komang Aryasa 2017
50

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PARIWISATA KOTA JAYAPURA BERBASIS ANDROID

Abstrak

Kota Jayapura sebagai Ibu Kota Provinsi Papua yang memiliki memiliki potensi wisata yang bervariasi, mulai dari wisata budaya sampai dengan wisata bahari. Penelitian ini bertujuan merancang suatu aplikasi mobile berbasis Android yang mampu memberikan informasi kepada para wisatawan tentang lokasi objek wisata yang terdapat di wilayah Kota Jayapura. Untuk mendukung pengembangan pariwisata, data spasial dan peta digital dapat digunakan untuk mencari lokasi pariwisata yang ingin dituju dengan mudah melalui pendeteksian menggunakan titik lokasi. Penelitian ini mengaplikasikan Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan menggunakan model pendekatan pengembangan software dengan metode waterfall. Selanjutnya penelitian ini mengembangankan aplikasi Mobile smartphone yang berbasiskan Android yang didukung oleh aplikasi SIG dimana penggunaan Mobile smartphone dengan device Android versi Ice Cream Sanwich 4.0. yang memiliki fitur GPS (Global Positioning system). Hasil Output yang didapatkan adalah adanya titik Lokasi yang berada tepat pada pintu masuk Pariwisata Kota Jayapura. Sistem ini dapat membantu pemerintah kota dalam hal menarik wisatawan untuk mengunjungi Kota Jayapura dengan cara yang mudah dan efisien. Wisatawan dapat menjadikan sistem ini sebagai pedoman perjalanan wisata di Kota Jayapura. 

Iis Roin Widiati, ST., MT., Sitti Nur Alam, ST., MT., Riezky Dwi Aryani, S.Kom. 2017
51

TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL UNTUK MENGANALISA KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-SMART

Abstrak

Aplikasi E-Smart adalah sebuah aplikasi core banking yang digunakan oleh Bank XYZ untuk melayani seluruh transaksi perbankan yang terintegrasi antara kegiatan front office dengan back office.Analisa dari sistem yang telah diimplementasikan diperlukan agar bisa mengetahui sampai sejauh mana penerimaan teknologi tersebut. Technology Acceptance Model adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk menganalisa kepuasan pengguna sebuah aplikasi, karena dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model ini bisa dianalisa menggunakan variable atau faktor-faktor yang mempengaruhinya.Nilai pengaruh langsung (kegunaan = X1) ke (kepuasan= Z) sebesar 0,079 dan pengaruh tidak langsung X1 melalui Ysebesar 0,060 berarti bahwa nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh langsung. 

Syam Gunawan, Rika Siti Syarifah 2017
52

PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN HURUF DAN ANGKA BERBASIS ANDROID STUDI KASUS : TK ROS ANGGRIANY MAKASSAR

Abstrak

Di era modern, pemanfaatan komputer dan smartphone telah merambah pada segala bidang tak terkecuali media dan pola belajar anak. Dimana, anak – anak di ajarkan mengenal huruf dan angka menggunakan papan tulis, kertas serta panduan suara oleh tenaga pengajar. Saat ini, media pembelajaran telah bergeser dari metode pembelajaran manual seperti yang didijelaskan, perlahan mulai menggunakan peralatan komputer sebagai media pembelajaran, aplikasi pembelajaran pengenalan huruf dan angka mulai banyak dalam bentuk aplikasi desktop berbasis multimedia. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi penggunaan komputer sebagai media pembelajaran mulai dirasa kurang efektif, tentu saja ini dikarenakan bentuk fisik komputer yang besar sehingga sangat tidak fleksibel. Dengan menjamurnya perangkat smartphone tentu saja ini bisa menjadi solusi mengatasi masalah di atas. Smartphone lebih mudah dibawa kemana – mana, bentuk fisiknya yang kecil serta kemampuan komputerisasinya yang tidak kalah cepat dengan komputer konvensional menjadi solusi dalam membangun media pembelajaran pengenalan huruf dan angka berbasis android. Dengan aplikasi ini, dapat membantu anak – anak bisa dengan mudah dan nyaman belajar mengenal huruf dan angka karena sangat mudah dibawa kemanapun. Tahap penelitian yang dilakukan dimulai dari pengumpulan bahan dan alat, analisis kebutuhan sistem, pengkodean, pengujian aplikasi dan implementasi. 

Irmawati, Erfan Hasmin , Sitti Aisa 2017
53

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA DOSEN BERBASIS PENILAIAN PRESTASI KERJA PNS

Abstrak

Dosen merupakan salah satu aset terpenting dalam upaya peningkatan mutu Perguruan Tinggi. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Dosen berkewajiban untuk melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat atau yang dikenal Tridharma Perguruan Tinggi. Pelaksanaan tugas utama dosen ini perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas dosen kepada para pemangku kepentingan. Penilaian Kinerja Dosen Perguruan Tinggi dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja (PPK) PNS. Mekanisme Penilaian Kinerja Dosen saat ini dilakukan dengan cara mengisi template lembar sebar yang telah disediakan. Penilaian Kinerja Dosen yang dilakukan saat ini cenderung subjektif dan dilakukan untuk memenuhi syarat administratif ketika ingin mengajukan Inpassing Pangkat Dosen, sehingga kurang merepresentasikan kinerja dosen yang sesungguhnya. Untuk itu, perlu dikembangkan suatu Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah Rational Unified Process melalui pendekatan yang iteratif. Berdasarkan hasil implementasi, sistem yang telah dibangun telah merepresentasikan proses penilaian kinerja dosen berbasis PPK PNS. Terdapat beberapa modul yang harus dikembangkan terutama untuk memfasilitasi umpan balik dari rekan dosen sejawat dan mahasiswa. 

Albaar Rubhasy, Darmawan Subuh, Akmalulah 2017
54

PENERAPAN MIKROKONTROLER PADA ALAT PENGHISAP ASAP

Abstrak

Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat penghisap asap otomatis yang dibuat menggunakan mikrokontroler Arduino. Alat penghisap bekerja jika mikrokontroler arduino mendapatkan nilai kepekatan asap dari sensor melebihi 100 ppm. Adapun target khusus yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah: 1). Menganalisis kebutuhan sistem penghisap asap multifungsi. 2). Merancang perangkat keras sistem. 3). Membuat kode program untuk mengontrol perangkat keras. 4).Memasukkan kode program ke dalam perangkat keras melalui proses compiler dan downloader. 5). Menjalankan dan mengaktifkan semua komponen penghisap asap multifungsi. 6). Menguji sistem penghisap asap multifungsi yang telah dibangun secara blackbox dan mengukur tegangan dari perangkat keras sistem. Metode perancangan yang digunakan adalah eksperimental dan pengujian. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah pengumpulan data, analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, pengkodean, implementasi dan pengujian sistem. Hasil penelitian hingga tahap 70% menunjukkan bahwa mikrokontroler Arduino dengan sensor MQ2 dapat mendeteksi kadar asap.

Yesaya Tommy Paulus, Annah 2017
55

SISTEM INFORMASI PENGISIAN KRS FAKULTAS TEKNIK DAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS YAPIS PAPUA BERBASIS WEBSITE

Abstrak

Universitas Yapis Papua, khususnya Fakultas Teknik dan Sistem Informasi saat itu telah menggunakan sistem informasi akademik berbasis desktop. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Pengisian KRS Fakultas Teknik Dan Sistem Informasi Universitas Papua Berbasis Website yang dapat mempermudah mahasiswa dan mahasiswinya untuk dapat mengetahui informasi akademik seperti, nilai, jadwal perkuliahan dan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) pada fakultas Teknik dan sistem informasi khususnya dan untuk pihak pengelola dapat mengelola pekerjaan menjadi lebih mudah.

Setelah penulis melakukan analisis pada bagian pengelolaan Kartu Rencana Studi Universitas Yapis Papua maka hasil yang diperoleh adalah analisis dari hasil penelitian, analisis dan perancangan untuk sistem usulan dan implementasi Sistem Informasi Pengisian KRS Fakultas Teknik dan Sistem Informasi Universitas Yapis Papua Berbasis Website dapat mengatasi masalah untuk penyediaan informasi akademik dan pihak Universitas dapat segera mengembangkan sistem yang baru agar dapat bekerja dengan maksimal. 

Ica Fildha, Mursalim Tonggiroh 2017
56

APLIKASI DATA MINING HASIL DIAGNOSIS PASIEN MEDICAL CHECK UP TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS CLUSTERING

Abstrak

Avida Medical Center adalah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan masyarakat. Tak hanya pusat kesehatan Avida yang masih cukup banyak lagi perusahaan lain yang bergerak di bidang serupa. Data yang melimpah, kebutuhan akan informasi (atau pengetahuan) untuk menciptakan solusi dan dukungan di bidang teknologi informasi merupakan awal lahirnya teknologi data mining. Salah satu metode yang terdapat dalam data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fuzzy C-Means Clustering. Hasil dari penelitian ini adalah untuk memudahkan penerapan setiap bagian untuk memasukkan hasil pemeriksaan, dapat mempermudah admin dalam mencetak atau rekapitalisasi hasil sehat atau tidak sehat dan dapat menganalisa sejumlah besar data untuk membantu dalam memberikan informasi. 

Ina Agustina, Rima Tamara Aldisa 2017
57

IMPLEMENTASI TEKNIK REPLIKASI DATABASE TERDISTRIBUSI PADA TOKO ONLINE DELTAPHONE JAYAPURA

Abstrak

Toko Deltaphone adalah salah satu toko yang menjual produk Handphone dan Accessories terbesar yang ada di Kota Jayapura. Selama ini pembeli harus datang langsung ke toko-toko Deltaphone yang tersebar di Kota Jayapura untuk melihat dan membeli produk yang diinginkan. Toko Deltaphone juga mempunyai penyimpanan data secara elektronik pada server toko pusat. Dengan sistem seperti ini terdapat banyak kekurangan karena sistem penjualan yang masih bersifat menunggu pelanggan datang tidak efisien ditengah berkembangnya toko online saat ini. Serta untuk keamanan data dengan hanya mengandalkan satu server database dikhawatirkan apabila terjadi masalah pada server utama maka tak ada lagi server lain yang bisa dijadikan sebagai database backup. Dalam penelitian ini akan dirancang bangun sebuah toko online dan mengimplementasikan teknik replikasi pada database terdistribusi sehingga data-data yang berada pada server database utama akan selalu terbackup di server database cadangan dengan menggunakan teknik replikasi database yang dilakukan antara database master dan database slave sehingga memungkinkan apabila terjadi masalah pada database utama masih terdapat cadangan database pada server yang lain. 

Mirsan Irianto, Marla Sheilamita Shalin Pieter 2017
58

SISTEM PENDETEKSI POLA TAJWID AL-QUR’AN HUKUM MAD THABI’I MENGGUNAKAN METODE SOKAL & MICHENER

Abstrak

Al-Qur’an merupakan kalam Allah SWT dan wahyu Nabi Besar Muhammad SAW yang dijaga kesucian dan keasliannya sampai akhir zaman. Dalam konteks sehari-hari banyak orang kesulitan dalam menemukan hukum tajwid di dalam Al Quran, sistem pendeteksi tajwid diperlukan untuk membantu pengguna menemukan tajwid di dalam Al Quran. Dalam penelitian ini, Metode Sokal & Michener digunakan untuk menghitung jarak kemiripan pola tajwid pada citra Al- Quran. Hasil pengujian menunjukan bahwa keakuratan sistem ini sebesar 84.85%, tingkat keakurasiannya akan meningkat dengan penambahan data training yang lebih banyak dan lebih bervariasi. 

Bustami, Fadlisyah, Dian Siddiq 2017
59

PEMBENTUKAN DECISION TREE DATA LAMA STUDI MAHASISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA NBTREE DAN C4.5

Abstrak

Program studi perlu untuk mengetahui mana saja mahasiswa yang berpotensi mengalami lama studi tidak tepat waktu. Akan tetapi, selama ini program studi kesulitan untuk memprediksi lama studi mahasiswa. Data lama studi alumni yang terdiri dari data nilai akademik, data cuti kuliah, dan data ketepatan waktu lulus dapat diolah menggunakan teknik klasifikasi untuk menghasilkan decision tree. Dimana decision tree tersebut dapat digunakan untuk memprediksi lama studi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk decision tree dari data lama studi mahasiswa. Selain itu juga bertujuan untuk membandingkan penggunaan algoritma NBTree dan C4.5 pada data lama studi mahasiswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kedua algoritma tersebut dapat digunakan untuk membentuk decision tree, akan tetapi algoritma NBTree memberikan hasil yang lebihobyektif dalam penentuan lama studi mahasiswa dan akurasi yang lebih tinggi. 

Syam Gunawan, Pritasari Palupiningsih 2017
60

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SUMBER DAYA PADA GALANGAN KAPAL

Abstrak

Kabupaten Batang merupakan salah satu sentra pengerajin kapal kayu terbesar yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Keberadaan pengerjain kapal kayu ini rata-rata masih menggunakan sistem lama yaitu sistem manual. Penggunaan teknologi informasi untuk mendukung usaha belum banyak dimanfaatkan. Paper ini membahas bagaimana memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola sumber daya yang ada pada galangan kapal. Aplikasi yang dikembangkan berupa sistem informasi manajemen sumber daya dengan mengunakan framework CodeIgniter. Sistem yang dihasilkan dalam penelitian ini diantaranya sistem dapat menyimpan data berupa data karyawan, data pemesanan kapal, data desain kapal. Selain itu sistem dapat memberikan informasi mengenai kondisi yang ada digalangan kapal. Pengujian unjuk kerja sistem dilakukan dengan menggunakan model pengujian kotak hitam. Hasil dari pengujian sistem didapatkan fungsi dari masing-masing antarmuka yang digunakan dalam aplikasi telah berjalan sesuai dengan desain awal. 

Kurniawan Teguh Martono, Parlindungan Manik 2017
61

IDENTIFIKASI KEBUTUHAN TEKNOLOGI UMKM DI PROVINSI LAMPUNG

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk di dalamnya Industri Mikro dan Kecil (IMK) mempunyai peran yang sangat vital dalam pembangunan ekonomi. Hal ini disebabkan intensitas tenaga kerja yang relatif lebih tinggi dan jumlah investasi yang relatif kecil, sehingga usaha Industri Mikro dan Kecil dapat lebih fleksibel dan beradaptasi terhadap perubahan. Salah satu masalah yang dihadapi oleh UMKM adalah kesulitan bahan baku, hal ini dapat diakibatkan oleh masalah distribusi yaitu kurangnya jaringan pemasaran untuk penyediaan bahan baku dagangan dari produsen ke konsumen. Di sisi lain pihak pemerintah dalam hal ini dinas UMKM dan Koperasi Provinsi Lampung membutuhkan data-data UMKM yang valid sebagai dasar pengambilam kebijakan. Dalam penelitian ini dikaji bagaimana merancang sistem informasi yang dapat memenuhi kebutuhan pihak yang berkepentingan selain itu juga menganalisa kesiapan adopsi teknologinya. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi kebutuhan informasi dari pihak yang berkepentingan dan hasil analisis kesiapan teknologi diketahui bahwa pelaku UMKM siap melakukan adopsi teknologi. 

Didik Kurniawan, Anie Rose Irawati 2017
62

PENGEMBANGAN MODEL SISTEM INFORMASI SMART CITY STUDI KASUS KOTA KENDARI

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model sistem informasi smart city berbasis web sebagai penghubung informasi antara pemerintah dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Technology Acceptance Model (TAM) metode ini mengukur tingkat kesiapan dan penerimaan pengguna terhadap teknologi dalam hal ini sistem informasi smart city tetapi pada penelitian ini fokus pada luaran model sistem informasi bukan pada analisis kesiapan sistem informasi. Karena luaran utama yang akan dihasilkan dalam penelitian berupa sebuah sistem berupa web dan aplikasi berupa perangkat lunak, maka dalam proses pengembangan model akan dilengkapi dengan metode khusus pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan Waterfall-based Model. Peneltian ini menghasilkan model sistem informasi smart city mulai dari peta situs, menu serta penerapan model berbasis web tetapi hasil yang diperoleh masih terbatas pada tiga aspek smart city antara lain aspek informasi, pelayanan dan monitoring. 

Muhammad Nadzirin Anshari Nur, Yuni Aryani Koedoes, Mustarum Musaruddin 2017
63

KLASIFIKASI PENENTUAN GAMBAR BERBASIS TENSORFORM DAN FRAMEWORK DENGAN ALGORITMA CNN

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penerapan jaringan konvolusi skala besar yaitu dengan mengolah langsung pada gambar kemudian mengklasifikasi sesuai dengan objek tersebut. Dalam menerapkan sebuah klasifikasi label pada gambar, peneliti membuat sebuah model jaringan yang memanfaatkan sebuah jaringan residual dimana hal ini diterapkan dengan basis VGGnet yang telah diklasifikasi sebagai datasheet, untuk mencapai akurasi yang baik pada proses pembelajaran peneliti menggunakan 34 Layer Residual dimana gambar yang diolah berasal dari VGGnet. Sedangkan untuk menerapkan algoritma yang telah dibuat peneliti menggunakan keras framework dan tensorflow sebagai alat bantu, hasil cukup baik dimana seluruh gambar yang telah diuji berhasil dengan baik beberapa gambar gagal diklasifikasi karena gambar belum terdeteksi pada datasheet yang telah ditraining. Hasil yang didapatkan dala uji coba adalah 93% berhasil ditebak dengan perysaratan bahwa objek yang diklasifikasi minimal satu atau dua sedangkan jika lebih dari dua maka proses penamaan label mempunya akurasi sebesar 63% pada proses klasifikasi. 

Sukardi, Zainal Arifin, Moh. Risaldi 2017
64

ARSITEKTUR SISTEM MODUL ONLINE ADAPTIF BERDASARKAN MODEL GAYA BELAJAR FELDER-SILVERMAN

Abstrak

Gaya belajar siswa dalam pembelajaran mempunyai banyak manfaat bagi siswa seperti penyediaan lingkungan pembelajaran berdasarkan gaya belajar mereka. Bagaimanapun juga, untuk menyediakan personalisasi tersebut, gaya belajar siswa harus diidentifikasi terlebih dahulu. Dalam paper ini, disampaikan sebuah arsitektur sistem yang bertujuan mengidentifikasi gaya belajar siswa dan menggunakan informasi ini untuk menyediakan lingkungan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar mereka dalam sebuah sistem modul online yang adaptif. Arsitektur Sistem modul online adaptif ini terdiri dari media library, domain repository, student model, instruction model, adaptive engine dan user interface. 

Arief Hidayat, Victor G. Utomo 2017
65

APLIKASI PEMESANAN PRODUK TIENS BERDASARKAN LOCATION BASED SERVICE BERBASIS ANDROID

Abstrak

Perusahaan Tiens yang berpusat di China merupakan perusahaan pemasaran produk herbal untuk keseimbangan tubuh manusia ingin membangun sebuah aplikasi pemesanan produk mobile sebagai salah satu portofolio bisnis pada perusahaannya untuk membantu distributor dalam menangani kebutuhan konsumen Untuk membangun aplikasi tersebut, perusahaan sedang memerlukan sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh konsumen untuk berbelanja produk tiens dengan terpercaya, cepat dan mudah di dapatkan hanya dalam beberapa menit bahkan detik saja. Berdasarkan hal tersebut maka dibangun aplikasi “pemesanan produk tiens berdasarkan Location Base Service”, sebuah aplikasi pemesanan produk kesehatan herbal yang dapat ditampilkan pada mobile yang dilewatkan di jaringan internet. 

Febryna Chaniago, Rikip Ginanjar, Rosalina, Ronny Juwono , RB Wahyu, Nur Hadisukmana 2017
66

APLIKASI PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION

Abstrak

Pengolahan citra digital memungkinkan teknologi komputer untuk dapat menganalisis data digital dari suatu citra. Dengan teknik pengolahan citra digital, data yang didapat dianalisis dan diproses sehingga menghasilkan suatu informasi yang diinginkan Pada beberapa parkiran yang ada saat ini, masih melakukan pencatatan parkiran dengan cara mengenali setiap plat kemudian dicatat. Dengan cara tersebut terkadang petugas tidak teliti dalam mencatat dan tidak adanya pengawasan terhadap waktu parker. Dari masalah yang ada maka akan dibangun pengenalan plat nomor kendaraan bermotor menggunakan bantuan teknologi komputer. Sistem ini di bangun menggunakan Borland Delphi 7.0, Metode Learning Vector Quantization. Hasil dari Sistem yang dirancang ialah diharapkan mempermudah pelayanan system parkir yang lebih cepat dan efisien. 

Hamsina , Evanita V Manullang 2017
67

OPTIMASI QUERY UNTUK PENCARIAN DATA MENGGUNAKAN PENGURAIAN KALIMAT DAN ALGORITME LEVENSHTEIN DISTANCE

Abstrak

Efektifitas dalam pencarian data sangat mutlak diperlukan. Salah satu permasalahan yang dihadapi penulis dalam hal pencarian data pada database yaitu ketika mencari suatu data dengan kata kunci sebanyak 2 atau lebih (berupa kalimat) serta susunannya terbalik, hasil dari pencarian tersebut menjadi terbatas dan tidak menemukan hasil. Penelitian ini mencoba melakukan optimasi query untuk pencarian data yaitu dengan menguraikan kalimat yang dijadikan acuan pencarian menjadi kata kunci dan di kombinasikan dengan operator OR pada syarat pencarian dan hash join untuk menggabungkan data-data yang berjumlah besar. Dengan penguraian kalimat , hash join dan kombinasi operator OR pada syarat pencarian menjadikan cakupan pencarian lebih luas namun membutuhkan waktu yang singkat. Berdasarkan hasil, diperoleh bahwa pencarian data menggunakan penguraian kalimat menjadi kata kunci sebagai syarat pencarian lebih bisa menemukan data yang dimaksud. Dan jika susunan kata pada kalimat yang dijadikan acuan pencarian terbalik maka masih mampu menemukan data yang dicari. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu melengkapi proses pencarian dengan seleksi tingkat kemiripan dan hanya menampilkan hasil yang memiliki tingkat kemiripan yang besar sehingga diperoleh hasil yang lebih optimal. 

M. El Bahar Conoras, Aprian Dwi Kurnawan 2017
68

PENGARUH INFILTRASI DAN MATERIAL GEOLOGI TERHADAP ANALISIS STABILITAS LERENG MENGGUNAKAN TRMM

Abstrak

Bencana tanah longsor sering melanda Wilayah Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa tengah. Karakteristik Kecamatan Karangkobar merupakan daerah pegunungan dengan relief bergelombang dan curam. Kabupaten Banjarnegara berada pada ketinggian 100 – 500 m dpl, dengan kemiringan lahan bervariasi antara 15 – 40 %. Seringnya turun hujan dengan intensitas yang tinggi pada daerah tersebut diduga menjadi salah satu faktor penyebab kelongsoran, oleh karena itu dilakukan analisis stabilitas lereng untuk mengetahui hal tersebut.Penelitian ini diawali dengan pengambilan sampel tanah di lapangan pada kondisi saat curah hujan sedang dan saat curah hujan tinggi. Pengujian laboratorium yaitu pengujian indeks properties tanah, pengujian permeabilitas, pengujian geser langsung dan pengukuran tekanan air pori negatif (matric suction). Tahap selanjutnya dilakukan analisis estimasi dan fitting soil water characteristic curve menggunakan SoilVision. Analisis curah hujan menggunakan TRMM dikorelasikan pada perhitungan infiltrasi dengan Metode Horton. Tahap terakhir analisis yaitu dengan pemodelan lereng menggunakan SLOPE/W dan divalidasi dengan kondisi di lapangan.Hasil validasi berdasarkan SLOPE/W menunjukkan kondisi lereng pada bulan January sebesar SF = 1.162, setelah dianalisis dengan curah hujan tinggi pada bulan Februari nilai safety factor berubah menjadi SF = 0.541 dan untuk bulan September angka aman (SF) = 1.582. Hasil simulasi lereng setelah dilakukan perencanaan menggunakan sistem bench dengan kemiringan 60°, ketinggian masing – masing 4 m dengan lebar 2 m menghasilkan SF = 1.688. 

R. Rochmawati, A. Rifa’i, W. Wilopo 2017
69

PENERAPAN ALGORITMA STEEPEST ASCENT HILL CLIMBING DAN LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) DALAM GAME SLIDE PUZZLE PENGENALAN SEMBILAN SUNAN BERBASIS ANDROID

Abstrak

Game Slide puzzle adalah permainan menyusun potongan gambar dengan aturan sebuah potongan hanya dapat dipindahkan dengan menggeserkan ke ruang kosong. Umumnya orang yang memainkan puzzle butuh waktu lama dalam menyelesaikan permainannya, hal ini disebabkan karena pada slide puzzle tidak ada informasi tambahan yang dimiliki membantu melakukan pencarian solusi sehingga saat proses penyusunan potongan-potongan menjadi suatu tantangan bagi pengguna yang memainkannya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun suatu perangkat lunak berbasis android yang menampilkan kisah singkat tentang tokoh sembilan sunan, mampu menjelaskan linear congruent method sebagai pengacakan, dan algoritma steepest ascent hill climbing sebagai solusi menyelesaikan game slide puzzle.
Hasil penelitian berupa sebuah penerapan algoritma dalam game slide puzzle dan penyampaian sejarah singkat tokoh sembilan sunan. Dari hasil pengujian solusi yang diberikan algoritma steepest ascent hill climbing kurang optimal apabila diterapkan untuk ukuran puzzle di atas 5x5. 

Irfandi Wicaksono, Evanita V Manullang 2017
70

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENETAPAN DAERAH PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI PROVINSI PAPUA MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING BERBASIS WEB

Abstrak

Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Papua bertugas merumuskan kebijakan umum dan arahan strategis pembangunan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi. Masalah yang dihadapi oleh Pemerintah Provinsi Papua dalam penetapan daerah adalah adanya politisasi suatu daerah yang mengakibatkan terjadinya konflik-konflik internal seperti perbedaan pendapat dalam penetapan daerah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi sehingga memakan waktu yang lama dalam penetapannya.

Solusi untuk penyelesaian masalah tersebut dengan membuat sistem pendukung keputusan untuk menentukan penetapan daerah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Metode yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan penetapan daerah tersebut adalah metode profile matching. Metode Profile Matching dapat membandingkan antara kompetensi yang dimiliki tiap daerah sehingga diperoleh perbedaan kompetensinya atau disebut gap. Metode ini dilakukan dengan menentuan nilai bobot untuk setiap kriteria, kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada.

Hasil dari sistem pendukung keputusan dengan penerapan metode profile matching ini berupa perangkingan berdasarkan kriteria dan sub kriteria terhadap kabupaten dan kota yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi pengambillan keputusan oleh Dewan TIK dan Gubernur Papua dalam penetapan daerah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. 

Aprian Dwi Kurniawan, Siti Nurhayati, Moch. El Bahar Conoras 2017
71

STRATEGI PENANGANAN RISIKO PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA JAYAPURA (STUDI KASUS PROYEK JALAN)

Abstrak

Risiko proyek adalah peristiwa atau kondisi tak tentu, dimana jika hal tersebut muncul akan memiliki ancaman pada objek proyek. masih banyak kontraktor belum memahami ancaman (threats) yang terjadi pada proyek, mereka masih menganggap bahwa risiko selalu merugikan. Berdasarkan data dari dinas pekerjaan umum Proponsi Papua bahwa pelaksanaan peningkatan proyek jalan selalu menghadapi masalah.

Penelitian ini merupakan studi eksploratif dan deskriptif, yang mengeksplorasi risiko-risiko/ancaman (threats) yang terjadi pada proyek dari sudut pandang kontraktor di Jayapura. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan (kontraktor) yang terkait dalam pelaksanaan proyek peningkatan jalan di Jayapura Propinsi Papua, sedangkan responden adalah project manager dan pengawas lapangan yang terlibat dalam pelaksanaan proyek peningkatan jalan,

Dari hasil analisa didapat bahwa secara keselurahan tingkat risiko berada pada kategori sangat rendah. Dan risiko terbesar yang mempengaruhi kontraktor adalah Keterlambatan material dari supplier B6, Persediaan material Persediaan material C6, Kesulitan penggunaan desain A7, Volume material yang dikirim volume tidak tepat G6, Perubahan spesifikasi oleh owner B7, Kesulitan mendapatkan material dan peralatan H6, Kenaikan harga material A6, Over kualitas D7, Kerusakan peralatan mesin F6, Melemahnya daya dukung tanah dasar C1 Sedangkan respon terhadap risiko/ancaman yang terjadi pada proyek peningkatan jalan adalah mengurangi dan menghindari. 

Irianto, Didik S. S. Mabui 2017
72

RANCANG BANGUN APLIKASI UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN PELAMAR PEKERJAAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES

Abstrak

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah mulai tahun 2016 dengan memperlakukan di kawasan ASEAN termasuk di Indonesia yang akan menjadi wilayah kesatuan pasar dan basis pruduksi yang membuat terbukanya lapangan pekerjaan baru di kawasan ASEAN. Beberapa kendala yang dialami oleh pencari pekerjaan yang menggunakan media koran atau majalah, sosial media, media lisan (broadcast, chat, atau pesan singkat dari teman), dan media iklan melalui internet dalam mencari lowongan pekerjaan adalah jarak dan waktu pengiriman berkas lamaran kepada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut serta susahnya mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang dipunyai oleh pencari pekerjaan. Pada perusahaan juga mengalami kendala yaitu penseleksian pencari pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan penyedia lowongan pekerjaan. Aplikasi ini bertujuan untuk mengklasifikasikan pelamar pekerjaan menggunakan metode naive bayes yang dapat mempermudah dan mempercepat dalam pencarian pekerjaan atau pelamar pekerjaan. Dan juga perusahaan dapat mengirim email dari sistem kepada pelamar yang dipilih ataupun tidak dipilih. Berdasarkan hasil uji coba dengan metode black box testing, diperoleh hasil yang sesuai harapan dimana fungsi berjalan dengan baik dan sempurna. Aplikasi penyedia lowongan pekerjaan ini menggunakan framework laravel dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, dan Javascript. 

Lely Prananingrum, Ana Kurniawati, Andrea Adam 2017
73

APLIKASI BELAJAR BACA TULIS METODE QIROATI BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MEMAKAI ANDROID

Abstrak

Teknologi Komputer berkembang sangat pesat, dari perangkat lunak sampai perangkat keras. Perkembangan komputer diikuti semakin banyaknya penerapan komputer di dalam berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan. Bidang pendidikan secara sederhana dapat kita katakan bahwa pemanfaatan media dalam pembelajaran sesungguhnya adalah sebagai penunjang saja. Pembelajaran membaca dan menulis arab atau huruf hijaiyah dengan Metode Qiroati adalah salah satu diantara dasar untuk dapat membaca kitab Al- Qur’an dengan fasih dan benar. Sering dijumpainya masyarakat ataupun pelajar dari tingkat dasar sampai tingkat Perguruan Tinggi yang belum bisa menulis dengan huruf arab (hijaiyah) dan membaca Kitab Alquran. Ini membuat penulis prihatin dan ingin membantu mempermudah belajar dengan aplikasi berbasis Multimedia dengan memakai Android. Dengan menggunakan metodologi penelitian MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yaitu metode dalam penelitian membangun aplikasi multimedia yang memiliki tahap Concept, Design, Material collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Menggunakan software Aplications Adobe Flash CS6 sebagai design program-nya, Adobe Photoshop CS6 sebagai design grafis-nya, Adobe premiere CS6 sebagai Editor Video dan Audio-nya. Teknologi multimedia dapat digunakan untuk membangun sebuah aplikasi berbasis multimedia bagi para pelajar atau peserta didik untuk dapat digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajarannya. Dalam masalah ini membuat aplikasi pembelajaran baca tulis huruf hijaiyah berbasis multimedia android yaitu Aplikasi Belajar Baca Tulis Metode Qiroati Berbasis Multimedia dengan Memakai Android. 

M. Al’ Amin, Zaenul Arif, Allif Sofyan 2017
74

SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT JANTUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Abstrak

Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja. Masyarakat enggan memeriksakan kesehatan jantungnya karena biaya yang harus dikeluarkan sangatlah mahal dan tenaga spesialis juga masih sangat terbatas. Namun, untuk melakukan diagnosa awal penyakit jantung yang dilakukan oleh dokter umum terkadang mengalami kendala seperti kurangnya fasilitas yang dimiliki.

Aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit jantung menggunakan metode Certainty Factor dibangun untuk membantu dokter di Puskesmas dalam pengambilan keputusan diagnosa awal penyakit jantung dengan gejala-gejala yang didapat dari dokter spesialis jantung sebagai pakar. Metode Certainty Factor merupakan perhitungan yang menghasilkan nilai kepastian tertinggi untuk menetukan solusi.

Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jantung ini dihitung menggunakan Metode Certainty Factor dengan masukan dari pengguna. Sistem pakar ini diharapkan bisa menjadi solusi dan alternatif bagi dokter umum agar bisa memberikan saran dan rekomendasi yang tepat bagi pasien. 

M. Zainal Arifin, Siti Nurhayati, Adri Raidyarto 2017
75

APLIKASI PENCARIAN LOKASI WISATA BERBASIS ANDROID DI KOTA PALOPO

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Aplikasi berbasis Android yang dapat digunakan untuk mencari lokasi Objek Wisata Di Kota palopo untuk para wisatawan baik lokal maupun internasional, dengan menggunakan perangkat mobile android yang memberikan informasi lokasi objek wisata yang disajikan dengan fasilitas peta digital. Aplikasi ini menghasilkan informasi-informasi dan visualisasi objek dalam bentuk maps yang dapat digunakan sebagai referensi untuk para pengguna perangkat mobile Android dalam pengambil keputusan terutama dalam pencarian lokasi objek wisata. Selain itu terdapat rute untuk menuju objek wisata yang dipilih, pencarian objek wisata, dan menu pendukung lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yaitu memudahkan masyarakat dalam mencari lokasi atau tempat wisata dan fasilitas pendukungnya serta memberikan layanan dalam bentuk peta berdasarkan lokasi, objek, dan daerah serta dapat diakses oleh seluruh masyarakat melalui perangkat mobile Android dengan fasilitas internet. 

Najirah Umar, Billy Eden William Arsul 2017
76

PEMBUATAN APLIKASI E – KANTIN PT. YAMAHA MUSIC MANUFACTURING ASIA

Abstrak

Kebutuhan karyawan akan makanan merupakan salah satu hal yang penting untuk terus dilakukan perbaikan dalam peningkatan pelayanan koperasi PT. Yamaha Music Manufacturing Asia kepada karyawan sebagai anggota koperasi. Aplikasi e–kantin hadir dengan tujuan meningkatkan pelayanan koperasi. Makalah ini merancang suatu aplikasi bagi karyawan PT. Yamaha Music Manufacturing Asia untuk memesan makan siang nya di koperasi secara online. Aplikasi ini dapat membantu mempercepat proses pemesanan makan siang karyawan PT.Yamaha Music Manufacturing Asia di koperasi dan juga dapat memberikan informasi penjualan menu makan siang dalam periode tertentu dengan adanya report penjualan dari aplikasi e - kantin. Dengan aplikasi ini diharapkan setiap karyawan sangat mudah melakukan pemesanan makan siang dengan proses pelayanan koperasi lebih cepat.Aplikasi e –kantin ini dapat diakses oleh user tertentu yang sudah terdaftar sebelumnya. User dalam aplikasi ini dikategorikan menjadi 2, yaitu user sebagai karyawan PT. Yamaha Music Manufacturing Asia dan user sebagai Administrator aplikasi e – kantin. Setiap user memiliki peranan masing - masing dalam aplikasi ini. 

Dian Anggraeni, Rikip Ginanjar, Rosalina, Tjong Wan Sen , RB Wahyu 2017